Jafri: Ini Karena Sumber Air Minim Bukan Soal Pelayanan PDAM

by

TERASMALUKU.COM,AMBON,- Ketua Komisi II DPRD Kota Ambon Jafri Taihutu menegaskan, kekeringan di kota Ambon bukan soal pelayanan PDAM melainkan sumber air yang sudah tidak lagi ada.

“Saya beda pendapat dengan ketua DPRD, kekeringan bukan soal ganti Kepala PDAM, tapi harus mencari sumber air,” kata Jafri kepada wartawan di kantor DPRD Ambon, Selasa (25/2/2020).

Menurutnya, untuk mengatasi kekeringan ini perlu adanya kejelasan regulasi yang lebih kuat, semisal tentang perda pengelolaan air tanah. “Itu untuk menjaga penggunaan pemanfaatan air bawah tanah,” katanya.

Selain itu, kata Jafri, banyak rumah di Kota Ambon yang dibangun secara liar di kawasan resapan air maupun daerah hutan lindung. Tak heran jika sumber air kian menipis. Pemerintah kota Ambon perlu berkoordinasi dengan pemerintah provinsi dan Balai Sungai untuk kerja cerdas bersama menangani persoalan ini.

“Kerja bareng paling penting, karena bisa mencari tempat kandungan air tanah yang bagus untuk atasi kekeringan yang terjadi,” ujarnya. Dia menambahkan, yang paling terpenting untuk persoalan ini adalah tetap menjaga kelestarian lingkungan. Karena saat ini daerah hutan lindung sudah menjadi kawasan pengembang dan daerah hunian. (ALFIAN SANUSI)