Jaga Kesehatan Selama Puasa, Remas Telaga Kodok Bikin Cek Tensi Darah Gratis

by
Tensi gratis warga telaga kodok selama bulan puasa setiap malam minggu, (19/4). FOTO: Istimewa

TERASMALUKU.COM,AMBON, – Remaja Masjid Telaga Kodok punya kegiatan berfaedah usai tarawih waktu di bulan puasa. Mereka secara swadaya menggelar pemeriksaan tekanan darah gratis bagi para para Jemaah masjid Al-Falah dan Jemaah Tadarusan di Telaga kodok.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh bidang pemberdayaan dan penguatan kesehatan masyarakat. Kegiatan ini menuai perhatian banyak jemaah. Manfaatnya mereka bisa mengetahui sekaligus menjaga kondisi tubuh selama bulan puasa.

Ketua Remaja Masjid Al-Falah Telko, Julfitra Majapahit mengatakan ada alasan khusus mereka membikin kegiatan tensi gratis. “Selama bulan puasa aktivitas ibadah jamaah dan staf penghulu bisa sampai larut malam, jadi biar bisa tahu kondisi kesehatannya bagaimana,” terang pria yang akrab disapa Jul.

Para Jemaah, kata Jul rutin begadang. Mereka mengisi waktu itu dengan salat Fardu, Sunah Taraweh kemuian dialnjutkan dengan Tadarus Al- Quran. Itulah mengapa, remas berinisiaif untuk melakukan pengecekkan tekanan darah.

“Untuk tensi darah kami libatkan anggota remas yang mengikuti pendidikan ilmu kesehatan di Akademi Keperawatan dan STIKES Ambon. Ini juga sebagai cara mereka berkontribusi kepada masyarakat secara nyata di tengah situasi pendemi covid-19,” jelas Ketua Bidang Pemberdayaan dan Penguatan Kesehatan Masyarakat, Rafika Soamola.

remas telko menargetkan kegiatan tensi darah gratis ini diikuti oleh 30-40 orang lintas usia. Dengan berbekal empat (4) tenaga kesehatan dan empat (4) unit alat tensi darah mereka berharap kesehatan warga telko tetap terjaga selama bulan puasa. Tensi darah gratis juga menjadi agenda rutin setiap malam minggu usai tarawih. (PRISKA BIRAHY)