Jalan lingkar Maitara Kecamatan Tidore Utara Belum diakomodir Pada 2021 Akibat Anggaran Terbatas

by
Pulau Maitara yang diapit Pulau Ternate dan Tidore Kepulauan (Abdul Fatah)

TERASMALUKU.COM, TERNATE,– Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Tidore Kepulauan (Tikep), Maluku Utara (Malut) jalan lingkar Maitara,  Kecamatan Tidore Utara belum diakomodir pada 2021 akibat anggaran terbatas.

“Dari alasan tersebut, disebabkan karena anggaran belum direncanakan. Hal itu, Dinas Pekerjaan Umum sedang fokus membangun kegiatan-kegiatan lain di tahun anggaran 2020 yang belum tuntas dan dilanutkan ke 2021,” kata Kadis PU Kota Tikep,  M. Ade Soleman di Ternate, Senin.

Dia mengemukakan, kegiatan pembangunan lain menjadi fokus untuk program baru, sesuai dengan anggaran yang telah direcofusing.

Sehingga, dengan keterbatasan anggaran itu, karena di rekofusing pada 2020 . Kemudian dilanjutkan ke 2021 seperti pelataran Sail Tidore, pembangunan yang salah satunya, jalan di Kelurahan  Tambula ke Lobi, jalan Topo Tiga -T opo, pekerjaan hotmix jalan di Tomolou, jalan di Dokiri, dan sebagainya.

Disinggung terkait anggaran jalan lingkar Maitara dia menjelaskan, tidak mengetahui rinciannya, nanti tanya di Kabid SDM, persoalannya karena COVID-19. Jadi kalau  fokus ke sana, maka kegiatan lain tidak bisa dilaksanakan.

Sedangkan anggaran recofusingdia mengemukakan, sudah terpakai habis. Makanya sebagian program pada 2020 ditunda, dan dilanjutkan pada 2021.

Menurut Ade, sebenarnya, keinginan berbuat sebanyak  mungkin, tetapi dengan keterbatasan anggaran, sehingga tidak bisa fokus untuk membangun jalan di pulau Maitara.

Daripada itu, anggaran jalan di lingkar Maitara itu bertahap. Anggarannya melalui  Dana Alokasi Khusus (DAK).