Jalur Pedestrian Pandan Kasturi-Kapaha Dicat Warna-warni

by
Warga melintas di jalur pedestrian yang baru saja dicat warna-warni di Jalan Sultan Hasanudin Ambon, (22/3). FOTO: Priska Birahy

TERASMALUKU.COM,AMBON, – Sejumlah ruas jalan utama Kota Ambon telah alami banyak perubahan. Mulai dari pemasangan granit di jalur pedestrian hingga pengecatan trotoar beton di sepanjang Jalan Sultan Hasanudin, Pandan Kasturi, Kecamatan Sirimau hingga Kapaha Ambon.

Di kawasan itu jalur pedestrian atau trotoar yang berupa penutup saluran beton kini telah dicat aneka warna.

Saat wartawan mendatangi lokasi, ada sejumlah pekerja tengah melapasi cat pada jalur pedestrian yang mulai pudar. Mereka mengecatnya dengan warna ungu, biru, merah muda dan hijau.

“Katong lapisi cat ulang. Sebelumnya sudah dicat tapi ada warna yang mulai pudar atau kotor,” ucap salah seorang pekerja kepada wartawan siang tadi, (22/3/2021).

Menurutnya kawasan yang diberi cat adalah di sepanjang Jalan Sultan Hasanudin hingga ke depan markas brimob dan rumah sakit Bhayangkara Tantui.

Para pekerja lapangan itu dibagi ke dalam tiga kelompok untuk menuntaskan pengecatan jalur pedestrian sepanjang hampir 1 kilometer itu. “Kalau bagian yang katong cat sekitar 400 meter. Sisanya ada kelompok lain yang kerja,” terangnya lagi.

Pengecatan ini merupakan yang kedua kali. Pada pengecatan pertama jalur warna cat lekas pudar lantaran tertutupi debu dan jejak pejalan kaki. Tak heran, di kawasan itu memang sedang ada pembongkaran drainase.

Debu bercampur pasir membuat jalur pedestrian yang baru dibubuhi car aneka warna itu pudar dan kusam.

Pengecatan tersebut jelas membuat kawasan itu terlihat berbeda. Meski tak sedikit warga yang mempertanyakan konsep pengecatan.

Sementara itu pihak Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Maluku saat ditanyai belum dapat memberikan pernyataan terkait pengecatan warna-warna itu.  (PRISKA BIRAHY)