Jamaludin Bugis Resmi Jabat Kakanwil Kemenag Maluku

by
Jamaludin Bugis diambil sumpah sebagai Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Maluku secara daring oleh Menteri Agama Republik Indonesia, Fachrul Razi dari Auditorium HM Rasjidi Kantor Kementerian Agama Jakarta, Jumat (10/7/2020) FOTO : KEMENAG MALUKU

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Jamaludin Bugis resmi menjabat sebagai Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Maluku setelah dilantik dan diambil sumpah secara daring oleh Menteri Agama Republik Indonesia, Fachrul Razi dari Auditorium HM Rasjidi Kantor Kementerian Agama Jalan MH Thamrin Jakarta, Jumat (10/7/2020)

Jamaludin Bugis diamanatkan jabatan setingkat eselon II tersebut usai mengikuti seluruh rangkaian proses assessment yang diselenggarakan Pansel Kemenag RI pada Juni 2020 lalu.

Momentum pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan Kakanwil Kemenag Maluku ini turut disaksikan langsung para pejabat eselon III/IV beserta Kepala Kantor Kemenag Kabupaten/Kota di Aula Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku.

“Inilah hasil terbaik dari proses assessment dan yang telah dipercayakan untuk menduduki jabatan eselon II ini, maka tunjukanlah yang terbaik dengan melakukan peningkatan kinerja sekaligus perubahan mendasar dari pengelolaan birokrasi Kanwil Kemenag Maluku saat ini,” kata Jamaludin Bugis.

Loading...

Sebabnya, sesuai amanat Menteri Agama RI, dirinya dalam 100 hari kedepan akan melanjutkan berbagai prestasi yang pernah dilakukan oleh mantan Kakanwil Kemenag Maluku sebelumnya. “Jadi Insya Allah, gerakan inovasi itu menjadi langkah yang akan saya ambil untuk melakukan perubahan mendasar kedepan,” ungkapnya.

Selain itu, Jamaludin mengemukakan tiga program prioritasnya dalam masa kepemimpinannya nanti yakni, peningkatan pemahaman beragama masyarakat, peningkatan kualitas kerukunan umat beragama, dan penguatan moderasi beragama.

Tiga program strategis ini merupakan langkah terpenting dalam mewujudkan Provinsi Maluku yang toleran, rukun dan moderat. “Bagaimana kita bisa saling memahami, menyayangi dan mengasihi antar sesama. Ini saya anggap penting untuk dilaksanakan kedepan nanti,” jelasnya.

Sementara terkait embarkasi haji antara di Maluku, Jamaludin Bugis berkomitmen agar mimpi besar ini dapat terwujud di tahun 2021 mendatang.

“Embarkasi ini juga menjadi program prioritas yang akan saya lakukan langkah-langkah lebih lanjut dan ini sudah digodok di pusat untuk dikeluarkannya surat Keputusan Menteri Agama RI terkait pembentukan Maluku sebagai pusat Embarkasi haji antara itu sendiri,” tandasnya.

Untuk diketahui, Jamaludin Bugis dilantik bersamaan dengan 18 pejabat eselon II lainnya. (ALFIAN SANUSI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *