Jaminkan Istrinya ke Polres Ambon, Anggota DPRD Bursel Ini Dibebaskan

by

AMBON-Anda tentu masih ingat dengan anggota DPRD Kabupaten Buru Selatan (Bursel) berinisial AFS, yang dijeblos ke tahanan Polres Pulau Ambon, atas candaannya membawa bom di pesawat Trigana Air.

Anggota Fraksi Partai Gerindra itu akhirnya bisa bebas setelah Polres Pulau Ambon mengabulkan penangguhan penahanan AFS. Tersangka AFS  memberikan jaminan istrinya ke polisi sehingga penahanannya ditangguhkan.

“Karena syarat – syarat penangguhan penahanan sudah terpenuhi, kami sudah berikan penangguhan penahanan kepada yang bersangkutan (AFS) dengan jaminan orang, yakni  istri tersangka. Artinya kalau tersangka melarikan diri atau menghambat proses hukum maka istrinya yang harus bertanggungjawab,” kata Kasat Reskrim Polres Pulau Ambon AKP Baiquni Wibowo  saat dihubungi Terasmaluku.com, Kamis (25/8).

Ia menyatakan tersangka dikeluarkan dari tahanan Polres Pulau Ambon sejak Senin (22/8) setelah penangguhan penahanan diterbitkan. Baiquni menyatakan, tersangka juga memiliki kuasa hukum sehingga akan memudahkan polisi berkoordinasi untuk  proses hukum  selanjutnya.

Selain itu menurut Baiquni, pihaknya mempertimbangkan surat dari DPRD Kabupaten Bursel  yang meminta agar Polres Pulau Ambon memberikan penangguhan penahanan kepada tersangka. “Penangguhan penahanan sudah dilakukan, namun  proses hukum terhadap tersangka  tetap jalan, kita sementara merampungkan berkas pemeriksaan untuk dilimpahkan ke kejaksaan,” katanya.

Seperti diketahui, AFS dijeblos ke tahanan Polres Pulau Ambon karena bercanda membawa bom kepada seorang pramugari Pesawat Trigana Air ketika hendak berangkat dari Bandara Pattimura Ambon ke Namrole Bursel pada Minggu (14/8).  Polisi menjerat tersangka dengan Pasal 479 P KUHP Pidana  atau pasal 479 R  KUHP  Pidana atau Pasal 473 Ayat I  serta Pasal 344 Huruf E Undang Undang RI  Nomor 1 tahun 2009 tentang penerbangan. Saat dipenjara, tersangka juga sempat dibawa ke rumah sakit karena mengeluh sakit.  ADI