Jangan Memilih Kucing Dalam Karung Oleh : Rudy Rahabeat, Pembelajar Antropologi

by
Rudy Rahabeat

PEMILU tinggal 34 hari lagi. Sudahkah kita mempunyai calon yang pasti kita pilih karena kita mengetahui rekam jejaknya: kualitasnya, moralnya dan komitmennya bagi percepatan kesejahteraan rakyat?

Majalah TEMPO edisi minggu ini 11-17 Maret 2019 menurunkan liputan yang menarik dan bermutu. Berbasis data dari KPU dan  analis terhadapnya mereka secara tersurat menyorongkan 6 orang dari 8.000 caleg yang diyakini memiliki rekam jejak yang baik dan pantas dipilih. 6 orang itu memperjuangkan isu-isu stategis seperti pejuang kaum difabel dan perempuan, pegiat toleransi, pluralisme, buruh dan lingkungan.

Kita boleh mencermati dan mengkritisi pilihan TEMPO di atas tapi point yang penting di sini adalah kita harus mengetahui benar kualitas calon yang akan kita pilih. Jika dia pernah jadi anggota legislatif tapi tidak bikin apa-apa malah memperkaya diri sendiri maka tak usah memilih dia lagi.

Demikian pula jangan karena kesamaan suku dan agama lalu kita memilih orang yang kita tahu tidak bisa berbuat banyak jika terpilih. Kita harus berani membuat keputusan yang bijak untuk memilih caleg yang punya integritas, tidak fanatik sempit apalagi mengabaikan konsensus kebangsaan yang kita perjuangkan dengan susah payah. Tentu kita tidak menjadi golput bukan?

Suara anda begitu berharga. Suara anda menentukan masa depan. Maka jangan tukar dengan uang recehan, yang dibuai dengan janji-janji palsu apalagi janji surga. Pilihlah berdasarkan pengenalan yang benar akan rekam jejak calon dan berdasarkan hati nurani.

Demikian pula para caleg agar dapat memberi deskripsi dan penjelasan tentang rekam jejak anda yang dapat menjadi garansi untuk rakyat memilih. Lakukan pendekatan dan pendidikan politik santun dan kritis dan yakinkah pemilih bahwa anda benar-benar mau dan sanggup berjuang bersama untuk kesejahteraan dan kemaslahatan bersama.

Selamat mencermati dan mengkritisi ribuan calon yang ada juga dua pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden dan pilihlah wakil rakyat dan pemimpin yang betul-betul berjuang untuk semua rakyat Indonesia dari Merauke sampai ke Sabang dari Pulau Rote sampai Miangas. Hiduplah Indonesia Raya ! (RR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *