Jangan Takut Datang ke Tanah Papua

by
Artis Ari Sihasale dan isterinya Nia Zulkarnaen (ANTARA/Evarianus Supar)

TERASMALUKU,-COM- Papua, negeri eksotik yang terletak di kawasan paling timur dari gugusan pulau di Nusantara, saat ini tengah berdandan lantaran tidak akan lama lagi akan menggelar hajatan besar berskala nasional yaitu Pekan Olahraga Nasional (PON) XX.

Penyelenggaraan PON XX Papua direncanakan berlangsung 2 sampai 15 Oktober 2021. Pesta olahraga empat tahunan itu sedianya berlangsung pada 2020, namun diundur hingga 2021 karena adanya badai pandemi COVID-19 yang melanda seluruh tanah air, termasuk Papua.

Di tengah semarak menyambut PON XX, khabar tentang Papua ternoda dengan masih terus terjadinya serangkaian aksi kekerasan, pembunuhan, pembakaran rumah warga di sejumlah daerah di pedalaman Papua seperti terjadi di Beoga dan Ilaga, Kabupaten Puncak, Intan Jaya dan beberapa daerah rawan lainnya.

Rangkaian aksi kekerasan yang masih terus terjadi di Tanah Papua sampai saat ini itu tentu membentuk pola pikir yang negatif tentang Papua, seolah-olah Papua merupakan daerah yang tidak aman, tidak ramah terhadap orang dari luar dan pelbagai pemikiran negatif lainnya.

Artis Ari Sihasale dan isterinya Nia Zulkarnaen Sihasale yang sejak 2014 melalui program ‘Alenia’s Journey Uncover Papua’ terus mengangkat hal-hal positif tentang Papua (Provinsi Papua dan Papua Barat) akhirnya ikut membantu Pengurus Besar PON XX Papua untuk mempromosikan kesiapan Papua menyelenggarakan PON, terutama pada empat kluster penyelenggara yaitu Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika dan Kabupaten Merauke.

“PB PON XX Papua mengajak kami untuk bersama-sama membantu mempromosikan road to PON XX melalui program Alenia’s Journey Uncover Papua. Kami mendatangi empat kluster mulai dari Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika dan selanjutnya ke Kabupaten Merauke untuk mengangkat apa saja yang sudah dilakukan oleh pemerintah daerah dan panitia Sub PB PON dalam rangka menunjang kesuksesan penyelenggaraan PON XX Papua,” kata Ari kepada awak media di Timika, Senin (19/4/2021).