Janji Jokowi, Perbaiki 3 Tipe Rumah Rusak Akibat Gempa Maluku

by
Presiden RI Joko Widodo pastikan pengerjaan perbaikan rumah rusak akibat gempa diawasi langsung oleh Kementerian PUPR (29/10). FOTO: Priska Birahy

TERASMALUKU.COM,AMBON – Presiden Joko Widodo usai bertemu pengungsi di Kampus Universitas Darussalam Desa Tulehu, Kecamatan Salahutu Kabupaten Maluku Tengah, Selasa (29/10/2019) menjanjikan pembangunan tiga tipe rumah rusak bagi warga.

Dalam kunjungan singkat itu, Jokowi sempat berdiskusi dengan warga di tenda . Di hadapan mereka, dia menjanjikan bantuan perbaikan bagi yang rumahnya rusak.

“Anggarannya ada dananya ada. Untuk rumah rusak berat Rp 50 juta, rusak sedang Rp 25 juta dan rusak ringan Rp 10 juta. Rusak ringan ini yang retak- retak termasuk,” jelas Jokowi saat bertemu warga.

Saat berbicara, Jokowi didampingi sang istri, Iriana Jokowi, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. Juga Gubernur Maluku Murad Ismail dan istri  serta Bupati Maluku Tengah Abua Tuasikal dan istri. Menurutnya anggaran pembangunan itu segera diberikan kepada warga sesuai klasifikasi kerusakan yang disebut.

loading...

Pembangunan rumah rusak sendiri, kata Jokowi, akan dikerjakan oleh masyarakat dengan koordinasi oleh pemerintah daerah. Sementara setingkat camat dan lurah bantu pengawasan pembangunan.

“Kami langsung berikan kepada masyarakat yang kena gempa, setuju. Seperti yang kita lakukan di NTB,” lanjutnya yang baru menuntaskan kunjungan ke Papua itu.

Pada kesempatan itu dia juga menjelaskan besar nominal untuk pembangunan adalah sama dengan yang ada di daerah lain. Tidak ada perbedaan besar bantuan dari pemerintah pusat.

Nantinya seluruh pengerjaan dari kementrian PUPR. Basuki yang hadir pun akan langsung berkoordinas untuk percepat pembangunan.“Data semua sudah masuk di kita. Mohon bapak ibu semunya mengerti, percayalah pemerintah tuntaskan secepatnya,” ucapnya. (PRISKA BIRAHY)

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *