Janji Lagi, Bupati dan Ketua DPRD Malteng Kirim Tim Atasi Krisis Air

by
Warga menimba air dari sumur baru dibawa ke rumah masing-masing menggunakan jeriken plastik lantaran ada krisis air bersih di Negeri Hatu, Kabupaten Malteng (10/9). FOTO: Fandy Wattimena

TERASMALUKU.COM,AMBON,  –  Persoalan air bersih warga Bukit Cinta Desa Hatu Kabupaten Maluku Tengah akhirnya sampai di telinga ketua DPRD Malteng. Ibrahim Ruhunusa, ketua DPRD Malteng langsung meresponinya. Dia berencana turun ke lokasi membantu ratusan jiwa yang mendiami area tandus itu.

Saat ditemui usai rapat bersama bupati dengan gubernur Maluku, Ibram kaget dengan kondisi tersebut. puluhan kepala keluarga yang masuk wilayah administrasinya itu selama ini tinggal tanpa akses air bersih memadai.

Mereka hanya mengandalkan sebuah sumur sedalam 10 meter di tepi pantai. Usai ada liputan di sejumlah media, Ibrahim menuturkan jika dirinya bakal turun dan bertemu langsung dengan warga di sana. “Rencana katong akan turun ke lokasi untuk cek kondisi di sana,” jelasnya usai rapat Forum Koordinasi Kepala Daerah Maluku bertempat di kantor gubernur Maluku Selasa, (10/9/2019).

Senada dengan pernyataan Ibrahim, Bupati Malteng, Abua Tuasikal juga memberi resppun serupa. Abua bahkan menyatakan dengan lugas akan membentuk tim dan menurunkannya ke Bukit Cinta.

Tim tersebut yang akan mendata serta mengupayakan penggalian sumber mata air lalu mengalirkannya ke seluruh rumah warga di situ.

loading...

Janji-janji pemerintah ini sejatinya bukan baru sekali. Saat ditemui kemarin salah seorang warga mengaku telah digantung janji berkali-kali.

Krisis air kerap kali dikemas jadi topik menarik untuk memenangkan salah satu paslon pemimpin daerah tiap kali periode pilkada. Warga hanya bisa pasrah menadah janji yang tak kunjung ditepati.

Terhitung sejak 2002 mereka menunggu pipa-pipa masuk ke rumah warga. Harapannya janji itu tak lagi jadi isapan jempol, sebab kebutuhan utama warga yaitu ketersediaan air bersih. (PRISKA BIRAHY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *