Jasa Raharja Siap Berangkatan 644 Pemudik Natal dan Tahun Baru

by
Foto: ilustrasi

TERASMALUKU.COM,AMBON, – Tahun ini PT. Jasa Raharja Persero memberangkatan 644 pemudik dalam program mudik gratis natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

Pemberangkatan pemudik tersebut berlangsung selama dua hari dengan sejumlah kota kota dan kabupaten tujuan di Maluku. Yakni ke Namrole, Leksula dan Haria Pulau Saparua, Maluku Tengah. Kegiatan mudik gratis ini menjadi salah satu upaya pihak Jasa Raharja mendukung aktifitas warga juga mencegah terjadinya kecelakaan.

Hal itu disampaikan Kepala Cabang PT. Jasa Raharja Maluku, Sigit Harismun. “Ini program untuk mencegah kecelakaan. Sudah berlangsung 11 tahun yang kita wujudkan dalam bntuk mudik gratis,” terang Sigit saat Konferensi Pers Rabu (18/12/2019).

Moda transportasi yang digunakan yakni dengan kapal laut. Tahun, kata dia, Jasa Raharja memilih rute Namrole dan Leksula. Keberangkatan pemudik pada 19 Desember 2019 pukul 20.00 WIT. Jumlah pemudik yang ikut program ini sebanyak 136 orang akan dilepas di Pelabuhan Slamet Riyadi, Kota Ambon. “Tujuannya nanti ke Namrole lalu dilanjutkan ke Leksula. Rutenya tampung 200 orang,” imbuhnya.

Sementara keberangkatan mudik gratis pada Jumat, 20 Desember berlangsug di Pelabuhan Tulehu Kabupaten Maluku Tengah. Rute mudik yang dilatari dari Tulehu yakni tujuan Haria Pulau Saparua. Sebanyak 308 penumpang. menurut Sigit yang menarik dalam mudik ini mereka menerapkan sistem pemesanan tiket via pesan singkat (SMS).

Tujuannya agar tidak terjadi penumpukan atau desak-desakan di pelabuhan. “Hari gini kok berjejal,” jelasnya. Dia berharap penumpang yang hendak mudik merayakan hari raya harusnya lebih santai tanpa merepotkan di pelabuhan. Sayangnya inovasi itu mendapat sedikit atensi.

Untuk itu pihaknya mengerahkan petugas mendatangi sejumlah pusat keramaian agar kuota penumpang terpenuhi. Seperti ke Gereja, kampus dan pasar. Upaya itu pun membuahkan hasil dan penumpang yang telah mendaftar siap berangkat ke tiga lokasi pada 19 dan 20 esok. (PRISKA BIRAHY)