Jasaraharja Putera – Politeknik Ambon MoU Asuransi Kecelakaan Mahasiswa

by
Henry Dharmawan dan Jhon Elwarin usai penandatangan MoU, Rabu (7/6). FOTO : IAN (TERASMALUKU.COM)

TERASMALUKU.COM,AMBON– PT. Jasaraharja Putera (JP) menandatangani nota kesepahaman dengan  Politeknik Negeri Ambon untuk  memberikan jaminan  perlindungan dan  kecelakaan diri  bagi mahasiswa.  Penandatanganan kerjasama atau memorandum of understanding (MoU) dilakukan oleh  Kepala JP Cabang  Ambon Henry Dharmawan dan Direktur Politeknik Negeri Ambon Jhon Elwarin di Lateri Beach Resto Kota  Ambon Rabu (7/6) petang.

Henry menyatakan, penandatangan MoU ini adalah bentuk kepedulian JP kepada seluruh mahasiswa di Politeknik Negeri Ambon. Mahasiswa  menurut Henry merupakan aset dari bangsa dan daerah ini. Untuk itu mereka berhak mendapatkan pengetahuan dan perlindungan tentang asuransi jiwa.  “JP dipercaya Politeknik Negeri Ambon untuk memberikan perlindungan jasa kepada mahasiswa dan pengetahuan tentang asuransi, ini adalah kerjasama diatas lima tahun,” kata Henry.

Ia menyatakan dengan  kerjasama ini  nantinya, bila mahasiwa Politeknik Negeri Ambon mengalami kecelakaan akan mendapat asuransi kecelakaan dari PT. Jasaraharja Putera. Jika dilihat dari angka kecelakaan berdasarkan usia, 70 persen korban kecelakaan berusia antara mahasiswa dan pelajar. Karena itu dengan kerjasama ini nanti, mahasiswa akan terlindungi jika mengalami kecelakaan.

Henry  juga mengatakan, Maluku merupakan salah satu provinsi termiskin di Indonesia, hal ini juga  akibat tingginya angka kecelakaan di Maluku. Karena setiap kecelakaan yang terjadi akan ada imbas pengeluaran ekonomi. “Dengan adanya asuransi ini paling tidak biaya pengeluaran itu bisa sedikit membantu, sehingga tingkat kemiskinan di Maluku khususnya Kota Ambon bisa berkurang,” katanya.

Penandatanganan MoU

Menurut Henry, dengan asuransi ini mahasiswa mendapatkan  perlindungan selama 24 jam di seluruh Indonesia. “Ini bukan hanya berlaku di kampus saja, tapi di seluruh tempat di Indonesia termasuk di rumah  jika mahasiswa  mendapat kecelakaan, maka mereka  mendapatkan  jaminan kecelakaan,” ujar Dharmawan.

Ia menyatakan, dalam kerja sama ini santunan yang diberikan kepada mahasiswa yang mengalami kecelakaan itu sebesar Rp  15 juta hingga kematian. Karena premi yang diberikan dari mahasiswa  itu tidak lebih dari Rp  30.000,- pertahun. Tentu menurut Henry , santunan tersebut bukan sebagai uang pengganti nyawa tapi merupakan tanggungjawab JP untuk membayar santunan bagi setiap korban yang ikut asuransi.

Ia menambahkan, asuransi yang diberikan kepada mahasiswa dulunya  hanya pada awal mahasiswa  masuk kuliah. Namun saat ini pihak Politeknik Negeri Ambon  meminta JP Ambon  untuk asuransinya mulai dari mahasiswa  masuk kuliah sampai lulus kuliah. “Pihak Politeknik  berharap sepanjang mereka kuliah bisa terlindungi oleh asuransi yang ada,” katanya.

Sementara Direktur Politeknik Negeri Ambon Jhon Elwarin mengatakan, kerjasama ini sangat bermanfaat untuk seluruh mahasiswanya, karena  mereka bisa terpantau dan terlindungi oleh asuransi dari JP. Mahasiswa Politeknik Negeri Ambon berjumlah sekitar 3.000 orang. Elwarin   menyatakan mahasiswanya harus mendapat perlindungan keselamatan tidak hanya saat pergi ke kampus, melaksananan perkuliahan hingga pulang ke rumah tapi juga selama  24 jam, mahasiswa sudah diasuransikan.

“Asuransi kecelakaan ini untuk seluruh mahasiswa dari awal masuk sampai mereka lulus kuliah, karena kita tidak tau kapan kecelakaan itu terjadi,” kata Elwarin.  Ia juga  mengatakan, untuk biaya premi asuransi mahasiswa langsung dibayar oleh mereka sejak masuk di kuliah. Biaya tersebut masuk pada biaya semester yang ada di kampus.

“Dengan kerjasama ini mahasiswa saya akan mendapatkan jaminan kecelakaan diri dari Jasaraharja Putera, ini sangat penting sekali, kami tidak tahu apa yang terjadi mulai dari keluar rumah ke kampus hingga balik ke rumah lagi,” katanya.  Sejauh ini, JP Cabang Ambon sudah menggelar kerjasama dengan Politeknik Negeri Unpatti dan sejumlah sekolah di Ambon terkait perlindungan keselamatan ini. (IAN)