Jelang Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah Pelayanan Mudik Untuk Rute Kapal Antar-Kabupaten di Malut Tetap Normal

by
Kepala KSOP Kelas II Kota Ternate, Affan Tabona. ANTARA/Abdul Fatah

TERASMALUKU.COM, TERNATE,- Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Ternate, Maluku Utara (Malut) menyatakan pelayanan mudik lokal untuk rute kapal antar-kabupaten menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah tetap normal.

“Dimana, lonjakan penumpang antar kabupaten kota ini masih sama seperti hari biasanya, terkecuali kapal rute Labuha dan antisipasi lonjakan penumpang kabupaten kota, rute kapal tidak ditutup tetap ada pelayanan untuk berlayar, hanya antar provinsi dibatasi,” kata Kepala KSOP¬†Kelas II Kota Ternate, Affan Tabona di Ternate, Jumat.

Namun, kata Affan, untuk rapid antigen sendiri tidak diwajibkan, jika terjadi kerumunan baru dilakukan rapid secara acak.

“Rapid antigen tidak wajib, saya mengacu dari Satgas dan kalau terjadi kerumunan baru dilakukan rapid secara acak, kita juga buat posko, nanti Satgas yang siapkan rapid antigen,” ujarnya.

Menurutnya, jumlah penumpang dibatasi, bahkan di Jakarta seperti Tanah Abang saja kadang susah, tetap jebol, apalagi petugas KPLP.

“Kerja ini bukan hanya kerja kita, tapi kerja gabungan stakeholder. Tetapi semua kembali ke kesadaran masyarakat, jika terjadi kerumunan dan merasa tidak nyaman jangan masuk disitu,” katanya.

Saat ditanya lonjakan penumpang di Pelabuhan Bastiong, kata Affan, antisipasi petugas tetap ada, seandainya kalau terjadi lonjakan dan mengkhawatirkan ditunda keberangkatan.

“Memang dua hari terakhir penumpang sudah alami penurunan, tetapi untuk rute Ternate-Sanana juga tidak terlalu banyak,” katanya.

Pewarta : Abdul Fatah
Editor : Heru Dwi Suryatmojo