Jelang Pemungutan Suara, Nasdem Sulteng Siapkan 31 Ribu Saksi Luar TPS

by
Koordinator Direktorat Saksi Rusdi - Ma'mun, Herman Zaenong (ANTARA/Muhammad Hajiji)

TERASMALUKU.COM, Palu– Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Nasional Demokrat (NasDem) menyiapkan 31 ribu lebih saksi yang bertugas di luar tempat pemungutan suara (TPS), jelang pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sulteng tahun 2020.

“31 ribu lebih saksi ini, merupakan saksi relawan atau saksi yang difasilitasi oleh relawan calon gubernur dan wagub Sulteng Rusdi Mastura – Ma’mun Amir, yang juga berkoordinasi dengan kami,” ucap Koordinator Direktorat Saksi Rusdi – Ma’mun, Herman Zaenong, di Palu, Kamis, terkait penyiapan saksi TPS jelang pemungutan suara.

Rusdi Mastura merupakan salah satu fungsionaris Partai NasDem Sulteng. Ia mendapat dukungan penuh dari partai besutan Surya Paloh dalam kontestasi pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sulteng tahun 2020.

Karena itu DPW NasDem Sulteng turut berkoordinasi dengan relawan-relawan pendukung Rusdi – Ma’mun, terkait dengan penyiapan saksi-saksi di semua TPS.

Herman menyebut, terdapat dua relawan yaitu Ahmad Ali Center (AAC) dan Baracuda yang mengusulkan ke DPW NasDem Sulteng dan koalisi Rusdi – Ma’mun, yang akan membantu menyiapkan saksi.

“Saat ini sedang konsolidasi untuk pembentukan saksi relawan,” ungkap dia.

Direncanakan, satu TPS akan diisi lima orang saksi relawan atau saksi luar TPS, maka jumlah total saksi relawan sebanyak 31.550 tersebar di 6.310 TPS di 2017 desa se-Sulteng.

Loading...

Herman menjelaskan, saksi relawan atau saksi luar TPS bertugas mengawasi jalannya pemungutan dan penghitungan suara dan proses serta dinamika yang terjadi di luar TPS.

“Saksi luar TPS ini juga bertugas untuk memastikan konstituen Rusdi – Ma’mun hadir di TPS untuk menyalurkan hak pilih. Jadi, semua nama-nama konstituen yang masuk di koalisi dan di DPW NasDem Sulteng, akan kami berikan ke saksi-saksi luar TPS,” ungkap dia.

Ia menambahkan, dua haris sebelum pelaksanaan pemungutan suara, saksi relawan atau saksi luar TPS yang dibentuk, harus mengetahui tempat tinggal dan nama dari setiap konstituen Rusdi – Ma’mun, agar mudah untuk dipastikan hadir ke TPS.

“Pada hari H (pelaksanaan pemungutan) saksi luar TPS akan berkoordinasi dengan saksi yang bertugas di dalam TPS, mengenai konstituen Rusdi – Ma’mun yang telah datang ke TPS dan menyalurkan hak pilih,” sebutnya.

Selain tugas itu, ia menguraikan, saksi luar TPS juga bertugas memastikan bahwa konstituen Rusdi – Ma’mun tidak mendapat intimidasi di luar TPS saat hendak akan menyalurkan hak pilih di TPS.

​​​​​​​”Mereka juga mengawal ini, untuk dipastikan bahwa jangan sampai konstituen Rusdi – Ma’mun mendapat intimidasi di laur TPS,” ujarnya.

Pilgub Sulteng diikuti dua pasang calon gubernur dan wakil gubernur Sulteng, nomor urut 1 Moh Hidayat Lamakarate berpasangan Bartholemeus Tandigala, nomor urut 2 Rusdi Mastura berpasangan dengan Ma’mun Amir.(Antara)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *