Jelang Pendaftaran, KPU Kepulauan Aru Rapat Dengan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati

by
KPU Kabupaten Kepulauan Aru menggelar rapat koordinasi persiapan pendaftaran bakal pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Aru  yang berlangsung di ruang rapat KPU di Kota Dobo, Rabu (2/9/2020). FOTO : AGUS

TERASMALUKU.COM,-DOBO-KPU Kabupaten Kepulauan Aru menggelar rapat koordinasi persiapan pendaftaran bakal pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Aru  yang berlangsung di ruang rapat KPU di Kota Dobo, Rabu (2/9/2020).

BACA JUGA : Ketua KPU Maluku : Calon Bupati-Wakil Bupati Harus Rapid Hingga Swab Tes, Bagaimana Bila Positif Covid-19

Rapat yang dipimpin Ketua KPU Kepulauan Aru, Mustafa Darakay dihadiri pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati, Timotus Kaidel – La Gani Karnaka (KAKA) dan bakal calon Wakil Bupati  incumben Muin Sogalrey, yang berpasangan dengan bakal calon Bupati, Johan Gongga (JOIN), serta partai politik (Parpol) pengusung kedua calon ini.

Ketua KPU Aru Mustafa Darakay saat rapat ini menjelaskan beberapa hal yang perlu disiapkan oleh bakal pasangan calon dan Parpol pengusungnya. Diantaranya, tentang syarat pencalonan, dimana formulir model B-1 yang wajib diisi oleh Parpol ketika mengajukan pasangan calonnya.

Selain itu kata Mustafa, Parpol pengusung juga wajib memasukan surat keputusan (SK) tentang susunan pengurus Parpol yang sudah diunduh ke aplikasi sistim partai politik atau sipol.

Loading...

“Dalam pertemuan, kita jelaskan kepada para bakal calon dan partai pengusungnya, terkait dengan kelengkapan dan syarat pendaftaran nanti,” kata Mustafa usia pertemuan.

Ia mengatakan hal-hal yang disampaikan dalam pertemuan tersebut menjadi persyaratan mutlak saat proses pendaftaran nanti, selaian ada persayaratan lain yang juga harus dipenuhi agar tidak menjadi kendala nanti. “Saya harap ini menjadi perhatian serius dari teman-teman bakal calon maupun dari partai pengusung, ” tegasnya.

Mustafa juga minta kepada Parpol apabila ada perubahan dalam tubuh organiasi segera memasukan salinan SK pengurus yang sudah dilegalisir oleh Parpol sesuai mekanisme yang ada dalam tubuh organisasinya melalui Sipol.

“Kita minta kepada partai politik, kalau ada revisi kepengurusan dalam tubuh partai agar segera mengirim salinan kepada kami melalui apliaksi sipol yang sudah tersedia dan harus dilegalisir,” katanya.

Pendaftaran pasangan calon akan dilakukan pada 4 September hingga 6 September 2020, setelah itu KPU akan melakukan verifikasi syarat pencalonan yakni berupa dukungan dari Parpol pengusung, dan melakukan tahapan-tahapan selanjutnya.

Pilkada Kabupaten Kepulauan Aru dipastikan akan diikuti dua pasangan calon. Yakni pasangan bakal calon KAKA dan pasangan bakal calon JOIN. (Gus)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *