Jelang Pilgub, Kapolda Maluku Diganti

Jelang Pilgub, Kapolda Maluku Diganti

SHARE
Brigjen Pol. Andap Budhi Revianto

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Menjelang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Maluku, jabatan  Kapolda Maluku diganti. Kapolda Maluku Irjen Pol. Deden Juhara digantikan dengan Brigjen Pol. Andap Budhi Revianto,yang saat ini Kapolda Sulawesi Tenggara (Sultra).

Pergantian jabatan Kapolda Maluku dan pejabat Polri lainnya tertuang  dalam Surat Telegram Kapori bernomor : ST/666/III/KEP/2018, Tanggal 8-3-2018.  Deden yang belum setahun menjabat  Kapolda Maluku ini dipromosikan dalam jabatan baru sebagai Asisten Operasi (Asops) Kapolri. Sedangkan posisi Andap sebagai Kapolda Sultra, digantikan Brigjen Pol. Iriyanto, Wadankor Brimob Polri.

Selain Kapolda Maluku, dalam Surat Telegram Kapolri itu, pergantian jabatan juga terjadi di Kepala Satuan (Kasat) Brimob Polda Maluku. Kombes Pol. Agus Pujianto digantikan AKBP Muhammad Guntur, Wakasat Brimob Polda Bengkulu. Agus dimutasikan sebagai analis kebijakan madya bidang Brigade Mobil Korps Brimob Polri.

Kabid Humas Polda Maluku Kombes Pol. Mohammad Roem Ohoirat saat dihubungi Terasmaluku.com, Jumat (9/3) membenarkan adanya mutasi jabatan Kapolda Maluku dan Kasat Brimob Polda Maluku. Ia mengungkapkan, Surat  Telegram pergantian Kapolda Maluku baru diterima pihaknya, Kamis (8/3) malam. “Surat Telegram mutasi jabatan Kapolda Maluku baru kami terima Kamis malam. Dan biasanya untuk Kapolda, serahterima jabatan akan dilakukan 14 hari setelah adanya surat telegram ini,” kata Ohoirat.

Lalu apakah mutasi jabatan Kapolda ini terkait dengan Pilgub Maluku,  Ohoirat menegaskan tidak ada kaitan sama sekali, dan mutasi biasa terjadi di tubuh Polri.“Ngak ada itu, bahkan beliau (Irjen Deden Juhara) pindah itu promosi  jabatan,” kata Ohoirat. Deden Juhara adalah Kapolda Maluku bertama  dengan pangkat dua bintang. Ia diangkat menjadi Kapolda Maluku pada 18 April 2017. (ADI)

loading...