Jelang Puasa, Harga Bawang di Ambon Merangkak Naik

by
Pedagang di Pasar Mardika Ambon. FOTO : IAN (TERASMALUKU.COM)

AMBON,TERASMALUKU.COM, MENJELANG Bulan puasa harga sejumlah  kebutuhan  pokok di Pasar Mardika Kota Ambon mulai naik. Salah satunya harga bawang putih, Senin (8/5) mulai naik mencapai 55 ribu rupiah perkilonya. Kenaikan juga terjadi pada Bawang Merah.

Sebelumnya harga bawang ini  hanya berkisar 20 ribu rupiah perkilo. Kenaikan ini sangat berdampak pada pemasukan pedagang yang mulai sepi dari pembeli “Harga Bawang Putih naik dari 20 ribu perkilo menjadi 55 ribu perkilo,” kata pedagang Usman yang ditemui di kawasan Pasar Mardika.

Loading…

Ia menyatakan, kenaikan harga Bawang Putih ini karena ketersediaan bahan yang dikirim dari Pulau Jawa ke Ambon mulai berkurang, karena stok barang di daerah  itu menipis. Pengiriman Bawang Putih dilakukan dari Kota Surabaya, Jawa Timur. “Kita biasanya terima barang dari Surabaya itu seminggu tiga kali masuk, sekarang stok disana mulai kosong dan harga naik. Jadi kita juga harus naikan harga disini,” kata Usman.

Ia mengatakan, kalau ketersediaan masih terus menipis kenaikan ini diperkirakan  akan terus naik hingga lebaran nanti. Selain Bawang Putih, kenaikan bahan pokok  juga terjadi pada Bawang Merah. Harga  Bawang Merah sebelumnya dijual di Pasar Mardika  sekitar 25 ribu rupiah perkilo, kini naik menjadi 35 ribu rupiah perkilo. (IAN)