Jelang Ramadhan, BMPD Maluku Gelar Tabligh Akbar Bersama Syekh Ali Jaber

by
Syekh Ali Jaber memberikan tausiah saat Tabligh Akbar dan pengajian yang digelar BMPD Maluku dan Majelis Ta'lim Al-Mulk di Aula Kantor BI Perwakilan Maluku, Jumat (11/5/2018) malam

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Menjelang datangnya  Bulan Suci Ramadhan 1439 Hijriah, Pengajian Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD) Maluku dan Majelis Ta’lim Al-Mulk mengelar Tabligh Akbar bersama Syekh Ali Jaber, ulama terkemuka kelahiran Madina, Arab Saudi. Tabligh akbar digelar di Aula Kantor BI Perwakilan Maluku, Jumat (11/5/2018) malam.

Kegiatan tersebut dihadiri ratusan pegawai perbankan dari 20 bank di Kota Ambon yang tergabung dalam BMPD Maluku. Ketua BMPD Maluku, Bambang Pramasudi yang juga Kepala BI Perwakilan Maluku mengatakan, kegiatan tabligh akbar bersama Syekh Ali Jaber diharapkan bisa menjadi bekal bagi insan perbankan menjelang datangnya bulan Suci Ramadhan.

“Dalam menyambut Ramadhan tahun ini secara spesial selain pengajian rutin, hari ini kita bekerjasama dengan Yayasan Ar-Rahmah kita hadirkan Syaekh Ali Jaber, mudah-mudahan tausiah dari beliau jadi bekal bagi insan perbankan dalam mengahadapi ramadhan agar iman kita, integritas kita semakin kuat saat bekerja dan  dalam tuntutan pekerjaan,” katanya.

Menurut Bambang, kerohaniawan seorang pegawai perbankan yang kerap berhadapan dengan uang menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan. Karena bisnis perbankan adalah bisnis yang mengedepankan kepercayaan dari masyarakat. “Kita tahu bisnis perbankan itu adalah bisnis kepercayaan. Dan kita tahu dibagian teller atau kasir itu setiap kali melihat uang, banyak sekali godaan. Jadi kita selalu mengingatkan melalui kegiatan pengajian bulanan maupun tabligh akbar hari ini agar dapat  memupuk keyakinan kita, bahwa setiap kegiatan yang kita lakukan ada yang mengawasi,” ujarnya.

Loading...

Bambang mengungkapkan, cepat atau lambat jika melakukan kecurangan pasti akan nampak. Insan perbankan di Maluku berpegang teguh pada kejujuran, iman dan taqwa. “Iman kuat dan jujur harus kita jaga karena itu adalah prasyarat keberhasilan berkarir di perbankan. Karena percuma kita pandai dan berkompeten tapi kalau tidak jujur, tidak punya integritas yang baik maka akan muncul kejahatan-kejahatan kerah putih. Itu yang kita tidak ingin terulang lagi kejahatan seperti dulu-dulu itu,” jelasnya.

Menurut Bambang, tabligh akbar dan pengajian ini juga sebagai bagian dalam rangka meningkatkan kebersamaan sesama pegawai perbankan di Ambon. Ketua Majelis Ta’lim Al-Mulk BMPD Maluku Fadly Khouw mengatakan, tabligh bersama Syekh Ali Jaber merupakan kegiatan dalam rangka persiapan jelang Ramadhan 1439 Hijriah. “Kegiatan ini adalah murni untuk menyambut bulan suci Ramadhan karena memang kami dari Majelis Ta’lim Al-Mulk sendiri punya kegiatan rutin pengajian bulanan yang melibatkan setiap komponen pegawai muslim perbankan,” katanya.

Sementara itu Syekh Ali Jaber dalam tausiahnya menyebutkan pentingnya kesabaran bagi umat manusia dalam menjalani hidup. Sehingga diingatkan,  pentingnya mengucapkan Hamdallah disaat mendapat rezeki maupun mendapat musibah. “Sebagaimana Sabda Rasulullah SAW, bangunkanlah rumah di dalam surga bagi hambaku dengan nama Alhamdulillah,” katanya.

Ia juga mengatakan, seorang manusia itu jangan terlalu bergantung dengan nazar jika menginginkan sesuatu. Karena apabila ingin bersedekah, maka bersedekah saja tanpa harus membebani dengan nazar. “Tidak usah pakai nazar, kalau mau sedekah, ya sedekah. Jangan gantungkan amalan kebaikan dengan nazar,” katanya. Dia berharap, dengan apa yang disampaikan dalam tausiyah dapat bermanfaat bagi para jamaah dalam menjalani aktivitas keseharian.(IAN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *