Jembatan Halong Nyaris Putus, Kendaraan Dialihkan Lewat JMP

by
Jembatan Halong Kecamatan Baguala Kota Ambon nyaris putus akibat hujan deras yang mengguyur wilayah itu sejak Minggu (11/7/2021) pagi. tangkapan layar

TERASMALUKU.COM, AMBON, – Hujan deras yang mengguyur Kota Ambon sejak Minggu (11/7/2021) pagi hingga malam ini akibatkan jembatan di kawasan Halong Kecamatan Baguala hampir putus.

Jembatan dekat arah menuju RS Angkatan Laut itu jebol diterjang air dan curah hujan tinggi.

 

Dari sejumlah rekaman video amatir yang beredar terlihat salah satu sisi jalan terlepas. Pagar beton di sayap jembatan itu jatuh. Talud bagian bawah atau pondasi jembatan pun runtuh digerus debut air bawah jembatan yang tinggi.

Dari rekaman video amatir terlihat sejumlah petugas gabungan sedang mengamankan area. Sementara warga sekitar tumpah ruah keluar memenuhi jalan untuk melihat kondisi jembatan jebol itu.

Berdasar informasi yang dihimpun wartawan dari petugas Dinas Perhubungan Kota Ambon dan warga Halong, kondisi jembatan tidak memungkinkan untuk dilalui kendaraan. Baik roda empat pun roda dua. Warga juga dihimbau tidak melintas di jembatan khawatir sewaktu waktu terlepas.

Petugas juga memutar balik kendaraan dari arah Passo menuju Kota Ambon, dan begitu sebaliknya dari arah Kota Ambon menuju Passo.

Kendaraan dari arah Passo ke Kota Ambon harus melintasi kawasan Waiheru dan Jembatan Merah Putih (JMP). Begitu juga dari arah Kota Ambon hendak ke Passo harus lewat JMP dan Waiheru. Namun jalan di kawasan Waiheru juga terjadi banjir.

Terbaru, warga dari Passo menuju Kota Amnon bisa melewati Markas Lantamal IX Ambon tanpa harus balik arah menuju Waiheru dan melewati JMP.

Saat ini petugas dari Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Maluku juga sedang berupaya menjaga kondisi jembatan.
Pasalnya di sekitar bawah jembatan terdapat rumah warga.

Jika curah hujan terus meninggi ada kemungkinan jembatan bisa terlepas dan akses mati total. Belum ada laporan kerugian hingga saat ini. (PRISKA BIRAHY)