Jembatan Seith Leihitu Ambruk, Akses Jalan Yang Putus Sudah Bisa Dilalui 

by
Jembatan Wae Hulu di Negeri Seith Kecamatan Leihitu Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) Pulau Ambon yang ambruk, Rabu (22/7/2020) sudah dibangun secara darurat oleh warga dan aparat keamanan sehingga bisa dilalui lagi. FOTO : POLSEK LEIHITU

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Hujan yang terus mengguyur wilayah Pulau Ambon membuat jembatan Wae Hulu di Negeri Seith Kecamatan Leihitu Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) ambruk dihantam banjir pada Rabu (22/7/2020) dini hari. Kondis ini membuat akses dari sejumlah desa di Leihitu menuju Kota Ambon sempat terputus.

Jembatan Wae Hulu di Negeri Seith Kecamatan Leihitu Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) ambruk dihantam banjir pada Rabu (22/7/2020) dini hari. FOTO : POLSEK LEIHITU

Seorang warga Seith, Idrus Hatuina mengatakan kerusakan itu terjadi akibat hujan dengan intensitas tinggi yang terjadi sejak dua hari terakhir.

Loading...

“Hujan deras ini sudah terjadi sejak Senin malam. Sedangkan jembatan yang roboh ini batu terjadi Rabu dini hari. Sekarang akses dari empat negeri di Leihitu dan Leihitu Barat sudah tidak bisa melintasi jalur ini karena jembatan putus,” kata Idrus.

Kapolsek Leihitu IPTU Julkisno Kaisupy mengatakan jembatan ambruk di Negeri Seith terjadi karena hujan deras sejak dua hari terakhir ini. Jukisno mengatakan pihaknya langsung berkoordinasi dengan pihak desa untuk membuat jembatan darurat.”Setelah mendapatkan laporan kita langsung berkoordinasi dengan desa untuk buat jembatan darurat,” kata Julkisno.

Selain jembatan ambruk, kata Julkisno terjadi longsor di tiga lokasi  daerah Seith serta pohon tumbang di Negeri Wakal Kecamatan Leihitu, Maluku Tengah.”Ada terjadi tiga titik longsor juga di daerah Seith,” katanya.

Julkisno mengatakan, saat ini warga telah membuat jembatan darurat dengan menggunakan batang pohon kelapa. Sehingga akses kendaraan baik roda dua maupun empat sudah bisa dilalui. “Namun untuk kendaraan berat belum bisa lewat,” ujar Julkisno. (ALFIAN SANUSI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *