Jembatan Siaputi Amblas, Arus Lalu Lintas Huamual–Kota Piru Lumpuh

by
Jembatan di Dusun Siaputi Desa Loki Kecamatan Huamual Kabupaten Seram bagian barat (SBB) amblas sejak Jumat (9/3). Akibat peristiwa ini aktivitas arus lalu lintas Huamual – Kota Piru lumpuh. FOTO : Fadli Rezza Boufakar (TERASMALUKU.COM)

TERASMALUKU.COM,-PIRU-Jembatan penghubung antar desa dan ibukota kabupaten  di  Dusun Siaputi Desa Loki Kecamatan Huamual Kabupaten Seram bagian barat (SBB) amblas sejak Jumat (9/3). Jembatan yang dibuat warga dari batang kelapa itu amblas karena kondisinya sudah membusuk. Jembatan itu  putus dan tidak bisa dilalui kendaraan roda empat. Sementara pengendara roda dua harus hati-hati bila melewati jembatan tersebut.

Jurnalis Terasmaluku.com, Fadli Rezza Boufakar melaporkan dari lokasi kejadian,  akibat amblasnya jembatan Siaputi ini aktivitas arus lalu dari Kecamatan Huamual menuju Kota Piru, Ibukota  Kabupaten SBB dan sebaliknya menuju desa-desa di Kecamatan Huamual hingga Sabtu (10/3) lumpuh.

Aktivitas warga terganggu

Sejumlah mobil yang penumpang dari Negeri Luhu menuju Kota  Piru, Katapang menuju Piru, Katapang -menuju Kota  Ambon, tidak bisa melintas di jembatan tersebut. Mobil penumpang itu masih terparkir di Dusun Siaputi karena tidak  bisa melintasi  jembatan yang amblas itu.

Sejumlah mobil bus yang mengantar  mahasiswa KKN Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon menuju Desa Loki dan sekitarnya terpaksa menurunkan mahasiswa di Dusun Siaputi. Para mahasiswa itu harus mencari angkutan lain menuju ke lokasi KKN mereka di Desa Loki dan sekitarnya.

“Kami berharap Pemerintah Kabupaten SBB secepatnya bisa  memperbaiki jembatan yang putus  ini sehingga aktivitas lalu lintas  normal lagi.  Warga bisa membawa hasil pertanian mereka ke Kota Piru dan Kota Ambon serta sebaliknya distribusi bahan kebutuhan pokok ke wilayah itu tidak terganggu,” kata Ardi, warga pengguna jalan lintas Huamual.

Jembatan di Dusun Siaputi ini merupakan satu-satunya jembatan yang menghubungkan Kota Kabupaten dan Kecamatan Huamual Kabupaten SBB. Lewat jalur jalan ini juga warga Huamual  menuju Kota Ambon lewat lintasan Pelabuhan  Fery Waipirit dan Pantai Liang, Pulau Ambon. (FAD)