Jenazah Reaktif Rapid Test Akhirnya Dimakamkan dengan Tenang di Hunuth

by

TERASMALUKU.COM,AMBON, – Sempat ditolak di TPU Air Besar (Arbes) Kecamatan Sirimau Kota Ambon, jenazah pasien diabetes dengan hasil rapid test reaktif akhirnya dimakamkan dengan tenang di lahan yang akan dijadikan TPU baru di kawasan Hunuth Kecamatan Teluk Ambon, Minggu (3/5/2020) sore.

BACA JUGA : Pasien Riwayat Diabetes Meninggal dan Hasil Rapid Reaktif

BACA JUGA : TPU Hunuth Milik Pemkot Resmi Digunakan, Joy : Kami Ucapkan Terima Kasih ke Warga

Setelah sempat dirawat dua hari di RSUD Dr. Haulussy Ambon, pasien berusia 67 tahun itu menghembuskan nafas terakhirnya. Usai proses pemulasaran sesuai protap Covid-19 jenazah lantas dibawa ke Tempat Pemakaman Umum (TPU) Arbes, Kecamatan Sirimau Kota Ambon.

Proses pemakaman jenazah seorang PDP dan hasil rapid test reaktif di TPU Hunuth Kota Ambon, Minggu (3/5/2020). FOTO : ALFIAN

 

Namun hal itu menuai penolakan wargaa. Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Ambon lantas memutar arah dan membawa jenazah di Hunuth atau di kawasan 1,8 hektar yang akan dijadikan TPU baru oleh Pemerintah Kota Ambon itu.

Loading...

Pantauan Terasmaluku.com di kawasan pemakaman di Hunuth, jenazah tiba dengan menggunakan mobil Ambulance Palang Merah Indonesia (PMI).

BACA JUGA : Ini Sanksi Hukum Warga Yang Menolak Pemakaman Jenazah di TPU

Setelah itu sejumlah relawan PMI dengan menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap mulai mengangkat jenazah ini ke tempat yang sudah dipersiapkan. Tidak ada warga maupun keluarga yang mendekat di sekitar tempat pemakaman. Terlihat juga aparat TNI dan Polri melakukan penjagaan di sekitar lokasi pemakaman.

Juru bicara (Jubir) Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Ambon Joy Adriaansz mengatakan, hasil test cepat  terhadap pasien tersebut reaktif. Namun untuk hasil swab yang bersangkutan masih dalam pemeriksaan dan baru dapat diinformasikan dalam beberapa hari kedepan.

“Sesuai Petunjuk WHO serta Surat Edaran yang dikeluarkan pihak RSUD Dr.Haulussy, maka Pasien tersebut akan dimakamkan dengan menggunakan protokol COVID-19,” kata Jubir. (ALFIAN SANUSI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *