John Ruhulessin Konsolidasi PMI Maluku

by
Dr John Ruhulessin, Ketua PMI Maluku (berkemajah putih). FOTO : ISTIMEWA

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Jelang Musyawarah Nasional (Munas) Palang Merah Indonesia (PMI) yang akan berlangsung 16-18 Desember 2019 di Jakarta, Ketua PMI Maluku, Dr John Ruhulessin terus melakukan koordinasi dan konsolidasi.  Senin (9/12/2019) ia akan menuju Kota Tual dan Kabupaten Maluku Tenggara untuk melantik pengurus PMI di wilayah tanah evav itu. Pada Jumat (6/12/2019), ia telah melantik pengurus PMI Kabupaten Seram Bagian Timur.

Demikian pula pengurus PMI Kota Ambon, Maluku Barat Daya dan Kepulauan Aru sudah dilantik. Beberapa kabupaten lain kepengurusannya akan dilantik dalam waktu dekat. “Kami sudah melakukan percakapan dan tinggal menyesuaikan waktu. Mudah-mudahan sebelum Munas semua pengurus di kabupaten kota telah dilantik,” ungkap Ruhulessin, Sabtu (7/12/2019).

Seperti diketahui PMI merupakan organ sosial kemanusiaan yang dibentuk secara nasional untuk menopang tugas-tugas pemerintah dalam melaksanakan misi kemanusiaan. Program-program kemanusiaan terus dilaksanakan, termasuk ketika terjadi bencana gempa bumi yang melanda Maluku sejak 26 September 2019 lalu.

Loading...

“Kami memberi bantuan kepada para pengungsi dan terus melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah dan pusat, termasuk Badan  Nasional Penanggulangan Bencana  (BNPB). “Sudah beberapa kali kami berjumpa Pak Doni Moenardo selaku Kepala BNPB untuk menolong para korban bencana gempa di Maluku,” terang mantan Ketua Sinode GPM ini.

Dalam kaitan ini, ia tetap mengharapkan dukungan masyarakat dan pemerintah, termasuk dukungan anggaran untuk operasionalissi tugas-tugas PMI ke depan. “Organisasi ini memang menitikberatkan spirit kesukarelaan, tetapi juga perlu support finansial agar dapat menopang kegiatan-kegiatan kemanusiaan” tegas mantan anggota KPUD Provinsi Maluku ini.

Pentingnya dukungan kepada PMI juga ditekankan Ruhulessin dalam wawancara khusus dengan Kompas TV dalam acara Sapa Indonesia Pagi pada Senin (25/11/2019). Dalam wawancara tersebut Ketua PMI Maluku memberi penjelasan tentang kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan oleh PMI Maluku, termasuk rencana program ke depan.

“Kami terus melakukan koordinasi dan konsolidasi dalam kepengurusan di tingkat provinsi maupun Kabupaten/Kota. Harapannya, dengan pengurus yang solid maka dapat terus menjadikan PMI sebagai salah satu organisasi kemanusiaan yang signifikan dalam membangun bangsa dan negara,” pungkas Ruhulessin. (Rudy Rahabeat, Kontributor Terasmaluku.com).

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *