Jokowi Kunjungi Ambon Lagi, Buka Tanwir Muhammadiyah dan Mubes Raja – Raja

by
Presiden Jokowi saat berkunjung ke Ambon pada puncak acara Hari Pers Nasional (HPN) 9 Februari 2017. Foto : TERASMALUKU

AMBON- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) akan melakukan kunjungan kerja lagi  ke Kota Ambon pada 23 Februari 2017 nanti.   Gubernur Maluku Said Assagaff memastikan kedatangan kepala negara  di Kota Ambon pada  tanggal tersebut dalam rangka membuka Tanwir Muhammadiyah dan Musyawarah Besar (Mubes) Raja-Raja di Maluku.

“Yang pasti Presiden datang untuk membuka Tanwir Muhammadiyah sekaligus membuka musyawarah besar (Mubes) Raja-raja di Maluku yang juga akan berlangsung di Kota Ambon,” kata gubernur kepada wartawan di Ambon, Kamis (16/2).

Gubernur menyatakan, untuk kegiatan Tanwir Muhammadiyah telah diputuskan di Islamic Center Ambon, sedangkan untuk Mubes Raja-Raja sekaligus penghargaan adat untuk Prsiden Jokowi dan Ibu negara akan digelar  di Kristiani  Center Ambon. “Saya sudah putuskan untuk bikin Tanwir Muhammadiyah di Islamic Center dan Mubes Raja-Raja di Kristiani  Center. Maksud saya bikin kegiatanya disitu untuk Presiden bisa masuk dari Dok. Wayame agar Jokowi bisa melihat laut Maluku,” ujar Assagaff.

Menurut Assagaff, ketika Presiden Jokowi berkunjung ke Ambon saat Hari Pers Nasional (HPN) 9 Februari, ada beberapa hal yang didapatkan. Yakni akan memutuskan memberikan dana alokasi umum untuk Maluku dihitung dari laut.

Selain itu, Preisden juga sudah memutiskan memberikan kapal fery  dengan tipe Roro 2000 DWT untuk diberikan ke Maluku kalau sudah selesai pembuatannya. “Presiden RI sudah bilang kepada Menteri Perhubungan kalau fery tersebut selesai pembuatannya langsung diberikan untuk Maluku,” kata Assagaff.

Gubernur menambahkan, Presiden Jokowi juga memberikan beasiswa S2 dan S3 di Jepang di bidang Mutiara kepada 10 orang wartawan. Seluruh kebutuhan selama melanjutkan studi akan dibiayai oleh Presiden. (IAN)