Juara ASEAN Juarai Lomba Triathlon Adventure Nusa Laut

by
Jukardi berkacamata bersama rekannya

AMBON-Atlet nasional, Adi Ahmad Jukardi, yang perna memenangi Lomba Traithlon di ASEAN Cup 2015 menang di Nusa Laut Adventure 2016 memperebutkan piala Panglima TNI pada Sabtu (15/10). Jukardi memenangi lomba ini setelah mengungguli sejumlah peserta di beberapa kesempatan. Dia mampu melewati peserta lain, setelah menunggangi sepedanya di kilometer lima.
Triathlon adalah lomba cabang olahraga yang menggabungkan tiga jenis olahraga. Yakni, olahraga renang, balap sepeda dan lari. Semua peserta lomba yang ikut Triathlon wajib menyelesaikan seluruh rute yang ditempatkan panitia penyelenggara.
Untuk memenangi lomba ini, Jukardi harus mampu menaklukan tiga rute. Yakni Renang 300 meter, balap sepeda melintasi tujuh desa dengan jarak tempuh 22,7 kilometer, dan lari lima kilometer. Semua tantangan yang diberikan, mampu diselasaikan dengan baik oleh Jukardi.
Kepada wartawan, Jukardi mengatakan, ia sudah beberapa kali mengikuti lomba Triathlon dibeberapa daerah. Ia juga perna mengikuti lomba tersebut di Singapura dan perna menjadi juara satu di ASEAN Cup Pariaman tahun 2015 lalu. Meski infrastruktur arena Triathlon-nya tidak semegah daerah lain, namun Jukardi mengaku sangat menyukai rutenya, karena terlihat variatif.
Jukardi menyatakan, dalam lomba Triathlon, hal utama yang diperlukan peserta bukan saja tenaga, namun mental dan teknik juga merupakan hal yang harus diprioritaskan. “Untuk mengikuti lomba Triathlon Panglima TNI Cup 2016 ini, jauh harinya saya sudah mempersiapkan diri dengan berlatih secara matang. Saya berlatih selama delapan hari, dan saya melakukannya rutin,” katanya.
Untuk diketahui dalam lomba dengan kategori umum ini, yang berhasil menempati juara kedua setelah Ade Ahmad Jukardi adalah Yan Bahtiar asal Lombok. Sementara di posisi ketiga ditempati Fauzi Panelya, atlet nasional asal Bandung.(DIT)