Jumlah Sapi dan Kambing Yang Dijual Untuk Dijadikan Hewan Kurban di Ambon Alami Peningkatan

by
Plt Kepala Dinas Pertanian Provinsi Maluku didampingi jajarannya saat lakukan pengawasan pada salah satu lokasi penjualan hewan kurban jenis sapi di kawasan Kate-Kate, Kota Ambon, Rabu (14/7/2021). Foto : terasmaluku.com

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Plt Kepala Dinas Pertanian Provinsi Maluku, Jasmin Badjak menyebutkan, dari hasil evaluasi yang dilakukan pihaknya, sampai dengan hari ini khusus untuk Ambon, hewan ternak jenis sapi maupun kambing yang masuk ke Ambon jelang Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah Tahun 2021 untuk dijadikan hewan kurban alami peningkatan.

BACA JUGA : Pengawasan Hewan Kurban, Distan Maluku Pastikan Kondisi Sapi dan Kambing Yang Dijual di Ambon Sehat dan Memenuhi Syarat

Tercatat ada sebanyak 466 ekor sapi dan 663 ekor kambing yang sudah masuk. Untuk sapi kebanyakan berasal dari sentra peternakan dari Pulau Buru , Maluku Tengah, Seram Bagian Barat (SBB) dan Seram Bagian Timur (SBT), sedangkan kambing masuk dari Pulau Buru , Malteng dan paling banyak dari Maluku Barat Daya (MBD).

“Jumlah sapi naik 4 persen, sedangkan kambing naik 500 persen jika dibandingkan tahun sebelumnya,”tuturnya kepada wartawan disela-sela pengawasan di Kate-Kate, Kota Ambon, Rabu (14/7/2021) salah satu lokasi penjualan sapi.

Artinya kata Jasmin, masyarakat di Maluku terutama di Ambon itu cukup mampu melakukan kurban di tahun 1442 hijriah ini.