Kadis Kesehatan Maluku Himbau Masyarakat Jangan Takut Jalani Swab atau Rapid Test

by
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Maluku, dr. Meykal Pontoh menyaksikan istri Gubernur Maluku, Widya Pratiwi Murad Ismail jalani Swab Antigen atau Rapid Test Antigen yang digelar TP PKK Provinsi Maluku dan IKAPTK Provinsi Maluku, Senin (21/12/2020). FOTO HUMASMALUKU

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Maluku, dr. Meikal Pontoh menghimbau agar masyarakat tidak perlu takut atau khawatir untuk menjalani swab atau rapid test.

Himbauan ini disampaikan Pontoh kegiatan sosial Swab Antigen atau Rapid Test antigen Gratis yang digelar Tim Penggerak PKK Provinsi Maluku bersama Ikatan Keluarga Alumni Pendidikan Tinggi Kepamongprajaan (IKAPTK) di Tribun Lapangan Merdeka, Ambon, Senin (21/12/2020) dalam rangka menyambut Hari Ibu ke -92 Tahun 2020.

Loading…

“Tidak perlu takut. Bisa saja kita merasa sehat, tapi ternyata ada virus dan itu harus segera kita obati. Kalau masih dalam tidak bergejala, itu sangat cepat penyembuhannya.Ketika sudah mulai bergejala seperti disertai batuk, pilek atau tanpa demam atau dengan demam, maka itu akan membutuhkan waktu, paling kurang 10 sampai 14 hari untuk sembuh. Tetapi kalau sekarang (hari ini), katong rapid, katong minum obat mungkin 4 atau 5 hari mungkin katong periksa sudah negatif,”jelasnya.

Secara teknis, dijelaskan Pontoh, Swab Antigen atau yang lebih dikenal dengan Rapid test antigen adalah tes diagnostik cepat Covid-19.

Dijelaskan, rapid test antibodi adalah tes diagnostik cepat Covid-19 yang dijalankan untuk mendeteksi keberadaan antibodi dalam darah. Ketika terinfeksi corona, tubuh akan menghasilkan antibodi dalam beberapa hari atau pekan kemudian.

“Kalau Rapid test antigen adalah tes diagnostik cepat Covid-19 yang dilakukan untuk mendeteksi keberadaan antigen virus Covid-19 pada sampel yang berasal dari saluran pernapasan. Antigen akan terdeteksi ketika virus aktif bereplikasi. Itu sebabnya rapid test antigen paling baik dilakukan ketika orang baru saja terinfeksi,”tandasnya. (Humasmaluku)