Kadis Pendidikan SBB Apresiasi Lomba Menulis Rumah Inspirasi di Tengah Pandemi Covid-19

by
Mashudin Sangadji. FOTO : ISTIMEWA

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan Seram Bagian Barat (SBB) Dr. Mashudin Sangadji mengapresiasi lomba menulis yang digelar Rumah Inspirasi Iha dan Kulur, Kecamatan Huamual. Menurutnya, meski di situasi pandemi Covid-19 saat ini, Rumah Inspirasi Iha dan Kulur tetap melaksanakan kegiatan positif meski hanya berada di dalam rumah.

“Saya sangat apresiasi lomba menulis ini, karena menulis memiliki makna dan dapat membawa berkah bagi penulis itu sendiri,” kata Sangadji Jumat (1/5/2020).

Olehnya itu, menurut dia, kemampuan membaca dan menulis sebaiknya diajarkan sejak dini, seperti yang dilaksanakan oleh anak-anak muda di Iha dan Kulur saat ini. Mereka mampu mengadakan lomba ini meski hanya dari rumah saja.

“Sekarang kita semua lagi berikhtiar dengan duduk di rumah saja. Ini anjuran pemerintah dari pusat hingga daerah termasuk kabupaten kita. Sekolah diliburkan, maka sangat pas kiranya lomba ini digelar,” katanya.

Loading...

Sangadji menjelaskan, dimasa kini, kemampuan membaca dan menulis sangat diperlukan untuk menunjang kegiatan anak di bidang akademik. Sehingga, sangat penting bila dimulai menanamkan minat baca dan tulis saat ini juga dengan cara yang menyenangkan.

Sangadji menyebutkan, lomba menulis di Negeri Iha Kulur digelar oleh TBM Rumah Inspirasi Iha Ulupia. Lomba tersebut telah dibuka sejak hari pertama Ramadhan 1441 H untuk pelajar negeri Iha dan petuanan tingkat SD, SMP/Mts dan SMA/MA.

Untuk jenjang sekolah dasar, Rumah Inspirasi mengajak mereka untuk menulis penagalaman seputar bulan Ramadhan. Sedangkan untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP) atau MTS, dengan tema Hikmah Puasa Bersama Keluarga dan untuk jenjang SMA/MA mengusung tema Ramadhan Ditengah Pandemi Covid-19. (ALFIAN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *