Kakatua, Maskot Pilgub Maluku Dan Artinya

by
Maskot Pilgub Maluku 2018

TERASMALUKU.COM,AMBON-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Maluku meluncurkan Pemilhan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Maluku Tahun 2018 di Convention Hall Maluku City Mall (MCM) Ambon, Sabtu (2/12). Dalam peluncuran yang dilakukan Komisioner KPU RI Wahyu Setiawan, KPU Maluku juga meluncurkan maskot dan jingle Pilgub Maluku serta peresmian Rumah Pintar Pemilu.

Maskot Pilgub adalah Kakatua Maluku atau Cacatua Moluccensis, satwa endemik Indonesia dengan daerah sebaran di Maluku. Maskot Pilgub Maluku didesain oleh jurnalis senior Embong Salampessy, sedangkan Jingle Pilgub Maluku diciptakan Cliff Leiwakabessy.

Ketua KPU Maluku Syamsul Rifan Kubangun mengungkapkan, arti maskot Pilgub Maluku 2018,  bentuk dasarnya  dari sosok Kakatua Maluku atau dalam nama ilmiahnya Cacatua moluccensis, satwa endemik Indonesia, dengan daerah sebaran di Maluku. Sosok Kakatua Maluku ini menurut Kubangun,  dipadukan dengan kotak suara yang identik dengan tugas dari Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“Maskot memegang paku di tangan kanan dan ujung jari kelingking tangan kiri ada tinta sebagai tanda atau simbol coblos. Lalu paruhnya menggigit kertas berisi pesan tanggal pencoblosan Pilgub Maluku,” kata Kubangun.

Kubangun berharap  dengan Maskot  Kakatua Maluku ini, menjadi branding momentum Pilgub Maluku, sehingga dapat memotiivasi  masyarakat Maluku menggunakan hak pilihnya pada Pilgub yang digelar 27 Juni 2018. Sehingga partisipasi pemilih di Pilgub Maluku  juga meningkat sesuai target KPU diatas 70 persen.  KPU Maluku juga menurut Kubangun akan memviralkan jingle Pilgub Maluku.

“Peluncuran ini merupakan bagian dari  KPU Maluku melaksanakan tahapan persiapan. Yakni, mensosialisasi kepada masyarakat terhadap  pelaksanaan   Pilgub Maluku yang digelar pada  27 Juni 2018. Kita juga meluncurkan maskot dan  jingle Pilgub Maluku, sebagai ikhtiar KPU untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Pilgub,” kata Kubangun. (ADI)

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *