Kali Dusun Siaputi SBB Meluap Rendam Pemukiman Warga

by
Rumah warga Dusun Siaputi tergenang air pada Rabu (17/7/2019). FOTO : ISTIMEWA

TERASMALUKU.COM,-PIRU– Hujan deras yang terus mengguyur Pulau Seram sejak dua harı terakhir ini menyebabkan Kali Dusun Siaputi Desa Loki Kecamatan Huamual Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) meluap.

Luapan air kali ini menyebabkan pemukiman warga Siaputi terendam banjir pada Rabu (17/7/2019). Ketinggian air mencapai 50 cm. Pantauan Terasmaluku.com, sejak Rabu pagi pemukiman  warga mulai tergenang air kiriman kali Siaputi.

Syine, salah satu warga korban banjir mengungkapkan air mulai masuk ke rumahnya pada Rabu sekitar pukul 06.30 WIT dengan ketinggian mencapai lutut orang dewasa.

“Bahkan ketinggian air yang merendam pemukiman warga ada yang mencapai satu meter. Kalau di rumah saya ketinggian air sampai lutut orang dewasa,” ujarnya Syine.

Syine berharap perhatian pemerintah daerah untuk melihat kali tersebut. Karena menurut dia, setiap hujan kali meula dan menyebabkan banjir ke pemukiman.”Kami berharap ada perhatian khusus dari pemerintah daerah untuk dapat melihat dan membuat talud kali Siaputi karena setiap hujan pasti kali meluap dan menyebabkan banjir ke rumah masyarakat,” ujar Syine.

loading...

Sementara itu, Erik pemuda Siaputi yang menjadi korban banjir menjelaskan sedikitnya ada 10  rumah warga yang terendam banjir.” Pantauan kami ada sekitar 10 rumah yang terendam banjir, kemungkinan bisa lebih apalagi hujan masih terjadi,” kata Erik.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)  Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) Nasir S yang dikonfirmasi mengatakan telah menghubungi stafnya untuk terun ke lokasi banjir Siaputi.

“Insya Allah setelah teman-teman  BPBD  bertemu dengan Sekertaris BPBD Povinsi  saya arahkan ke  lokasi, mungkin agak siang mereka ke lokasi,” kata Nasir yang mengaku saat ini berada di Kota Ambon. (FADLI)

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *