Kali Pertama TN. Manusela Berhasil Potret Dua Bunga Bangkai Mekar

by
Dua buah bunga Bangkai Amorphophallus paeoniifoilus tumbuh di Resosrt Sasarata Taman Nasional Manusela, dan kali pertama berhasil didokumentasikan, (17/2). FOTO: TN. Manusela

TERASMALUKU.COM,AMBON, – Dua buah bunga bangkai mekar di Taman Nasional Manusela. Ini merupakan kali pertama dokumentasi di kawasan TN.

Bunga bangkai dengan nama ilmiah Amorphophallus paeoniifoilus tumbuh di dalam kawasan taman nasional Resort Sasarata pada Rabu 17 Februari 2021.

Bunga Bangkai di TN. Manusela

Momen langka ini menjadi salah satu kebanggaan, lantaran ini kali pertama pihak TN berhasil memotret bunga cantik berukuran jumbo tersebut.

Kepala Taman Nasional Manusela, Ivan Yusfi Noor kepada Terasmaluku.com menyatakan keberhasilan itu sebagai sesuatu yang perlu diapresiasi.

“Setidaknya selama saya di Maluku sejak 2018 baru kali ini dapat dan motret bunga bangkai pas mekar. Sebelumnya pasti ada. Ini bukan sebuah temuan pertama. Tapi yang pertama berhasil didokumentasi oleh teman-teman di lapangan,” jelasnya melalui sambungan telepon, Rabu, (17/2/2021).

Selama masa tugasnya di Maluku dia acap kali menemui pohon bunga ini. Mereka tumbuh rimbun di sejumlah lokasi. Sepeti di Sasarata, kawasan mangrove pantai Faung, hingga di Pulau Tujuh. Hanya pihaknya belum pernah mendokumentasikan saat bunga itu mekar.

“Baru sekarang ada yang lihat terus foto. Dan ini foto pertama bunga bangkai yang mekar. Tapi jenis ini bukan yang baru,” terang ivan.

Pohon bunga bangkai yang tumbuh di kawasan TN. Manusela

Penemuan dan dokumentasi dilakukan oleh Polisi Hutan Resort Sasarata Taman Nasional Manusel, John Syaranamual. Kawasan sasarata tempat bunga tumbuh termasuk area dataran rendah berawa. Sementara kelompok lain di Salamen tumbuh di area dengan tipe tanah berkapur.

Ivan memastikan ini bukanlah yang pertama di Maluku. Namun kehadiran dua bunga bangkai ini adalah yang pertama kali didokumentasikan pihak TN. (PRISKA BIRAHY)