Kangen ke Banda, Icip Dulu Yuk Oleh-oleh Khasnya di Ambon

by
Penjual oleh-oleh khas di Jalan AM. Sangadji Ambon yang dibawa langsung dari Banda Naira sebagai cara akali minimnya turis di sana, Jumat (14/6/2020). FOTO: Priska Birahy

TERASMALUKU.COM,AMBON, – Bagi warga kota yang sudah merindukan berlibur ke Banda Naira, Kabupaten Maluku Tengah tampaknya rasa kangen anda dapat sedikit terobati. Yakni dengan mencicipi ragam oleh-oleh khas yang biasanya akan anda jumpai di sepanjang jalan menuju Pelabuhan Banda Naira.

Di Jalan A.M. Sangadji Kota Ambon ada seorang penjual oleh-oleh khas dari Banda Naira. Halua Kenari, manisan pala kering, kayu manis, kayu manis bubuk, biji pala, cengkih, kopi rempah Banda, kenari, ikan asin tenggiri barakuda cakalang tatihu, abon cakalang.

Aneka khas Banda Naira yang dijual di Jalan A.M. Sangandji Kota Ambon

 

Keterbatasan transportasi laut mengakibatkan minimnya turis ke sana. Sebagai solusi, ada warga Banda penjual oleh-oleh yang mengirimkan barang-barangnya ke Ambon. Itu sebagai cara mengakali minimnya pembeli.

Loading...
Maya Ulfa South penjual oleh-oleh khas Banda di Ambon, Jumat (12/6/2020).

Beta ambil oleh-oleh ini dari beberapa orang di Banda. Karena kapal hanya masuk barang jadi bisa kirim,” terang Maya Ulfa South penjual oleh-oleh khas Banda di Ambon, Jumat (12/6/2020).

Menurut Maya, dia telah berjulan sejak bulan puasa dan berlanjut hingga kini. Motifvasi awalnya tak lain untuk membantu beberapa penjual oleh-oleh yang dia kenal di Banda. Sekaligus mendekatkan banda kepada warga Kota Ambon yang belum kesampaian pergi ke Banda selama masa pandemi Covid-19.

 

 

Dengan cara berjualan ini selain bisa mendatangkan penghasilan juga membantu bisnis pariwisata di Banda. Dia mengaku omset yang dia peroleh tiap dua minggu cukup membantu dirinya salam masa susah, pandemi Covid-19. “Beta kirim uang ke dong di Banda tiap dua minggu. Lumayan dalam sehari bisa dapat Rp 50.000. Juga bisa bantu warga di sana,” tutur dia. (PRISKA BIRAHY) 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *