Kanwil Pertanahan Terbakar, Alat Cetak Peta Hangus

by
Petugas pemadam kebakaran berhasil memadamkan api yang menghanguskan ruang infrastruktur di lantai Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi Maluku, kawasan Tantui Ambon, Jumat (10/1/2020). FOTO: Priska Birahy

 TERASMALUKU.COM,AMBON, –Api melahap salah satu ruangan Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi Maluku, Jumat (10/1/2020) sekitar pukul 14.00 WIT.  Kerugian diperkirakan mencapai Rp 1,5 miliar.

Ruang tersebut merupakan ruang infrastruktur pertanahan. Peralatan teknis pengukuran di lapangan ditempatkan di situ. Beruntung, tim pemadam kebakaran yang datang segera meram nyala api sehingga tidak merambat ke ruang lain.

Beberapa alat pengukuran tanah yang berhasil diselamatkan pegawai Kanwil Pertanahan Maluku saat kebakaran

Plh Kakanwil Badan Pertanahan Nasional, Willem Onisimus Loppies menjelaskan kejadian itu begitu cepat dan terjadi saat tidak ada orang di ruangan. “Waktu kejadian beta ada di gedung lain di atas. Baru tahu setelah mobil pemadam datang. Di situ ada barang-barang untuk pengukuran,” jelasnya kepada wartawan di sela-sela pemadaman api.

Dia memastikan saat kejadian bertepatan dengan jam istirahat dan salat jumat. Hampir tidak ada orang di dalam gedung dan ruang tersebut. Namun dari keterangan kabid dan pegawainya, terdapat beberapa barang penting bernilai tinggi yang hangus.

Yakni satu unit alat cetak peta proter. Dari keterangan pegawai pertanahan, satu unit proter itu seharga lebih dari Rp 700 juta. beberapa unit komputer serta barang-barang lainnya yang bisa ditaksir lebih dari Rp 1 miliar.

Sementar petugas lain telah menyelamatkan beberapa alat ukur lain. Seperti komputer, CPU, theodolite, RTK (Real Time Kinematic), dan sejumlah berkas kantor. Api benar-benar tuntas dipadamkan sekitar pukul 15.15 WIT. (PRISKA BIRAHY)