Kapal Angkut Sembako Dan BBM Tujuan SBB Terbakar Di Perairan Wakal

by
KM. Saudara Sejati ludes terbakar di Perairan Desa Wakal Kecamatan Leihitu Kabupaten Maluku Tengah, Minggu (24/2/2019) siang. Kapal tujuan Dusun Amaholu Negeri Luhu Kecamatan Huamual Kabupaten SBB ini mengangkut sembako dan BBM. FOTO : DOK. HUMAS POLRES AMBON

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Kapal Motor (KM). Saudara Sejati ludes terbakar di Perairan Desa Wakal Kecamatan Leihitu Kabupaten Maluku Tengah, pada Minggu (24/2/2019) sekitar pukul 13:00 WIT.

Seorang anggota polisi bersama warga berusaha memadamkan kobaran api yang membakar KM. Saudara Sejati

Kapal tujuan Dusun Amaholu Negeri Luhu Kecamatan Huamual Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) itu mengangkut sembako dan BBM, jenis  premium (bensin),  solar dan minyak tanah. BBM tiga jenis itu berada dalam jerigen ukuran 20 liter dengan jumlah 150 jerigen.

Kasubbag Humas Polres Pulau Ambon Ipda Julkisno Kaisupy mengatakan kebakaran terjadi saat nahkoda KM, Saudara Sejati, La Aru hendak menghidupkan mesin kapal  dengan mengunakan kunci kontak. Saat itu  tiba-tiba terdengar bunyi ledakan di ruang mesin dan mengeluarkan asap hitam tebal dan terbakar.

“Sebelum terbakar terjadi ledakan keras dari ruang mesin dan disertai asap tebal yang keluar dari ruangan mesin. Para ABK berusaha memadamkan api tersebut namun tidak bisa. Sehingga para ABK. melompat ke dalam laut,” kata Julisno.

Karena tidak ada kapal yang bisa memadamkan kobaran api, kapal berbahan kayu itu dibiarkan ludes terbakar. Para ABK hanya bisa pasrah dan menyaksikan api membakar habis kapal tersebut. Kebakaran kapal ini menjadi tontotan warga sekitarnya.

Menurut Julkisno para ABK berjumlah tujuh orang yang berasal dari Dusun Amaholu Negeri Luhu semuanya  selamat dalam peristiwa ini. “Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini  namun kerugian material diperkirakan sebanyak  Rp 300.000.000 rupiah,” kata Julkisno. (ADI)