Kapal Fery Dibakar, DPRD Maluku Minta Penjelasan Panca Karya

by
Kapal Fery KMP. Lelemuku yang sandar di Pelabuhan Saumlaki dibakar pada Senin (24/5/2021). FOTO : HUMAS POLDA MALUKU

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Komisi III DRRD Maluku akan memanggil Direksi Perusahaan Daerah (PD) Panca Karya, untuk meminta penjelasan terkait  terbakarnya Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Lelemuku di Pelabuhan Saumlaki, Kabupaten Kepulauan Tanimbar pada Senin,(24/5/2021) malam.

Kapal jenis fery tersebut dikelola PD. Panca Karya, Pemerintah Provinsi Maluku.

“Selain mengagendakan untuk memanggil Direksi PD PK,  komisi juga akan melakukan agenda pengawasan di lapangan untuk melihat kondisinya,” kata Ketua Komisi III DPRD Maluku, Richard Rahakbauw di Ambon, Rabu (26/5/2021).

BACA JUGA : Polisi Tetapkan Kepala Kamar Mesin Tersangka Pembakaran Kapar Fery Lelemuku di Saumlaki

Belakangan terungkap KMP Lelemuka dibakar oleh YM, Kepala Kamar Mesin (KKM) KMP Lelemuku.

Polres Kepulauan Tanimbar sudah sudah menetapkan YM sebagai tersangka kasus pembakaran kapal. Polisi juga menjelaskan kalau tersangka melakukan aksinya dalam kondisi dipengaruhi minuman keras.

Menurut Richard, KMP Lelemuku merupakan aset pemerintah daerah dan dikelola oleh PD PK maka perlu ada penjelasan resmi ke DPRD Provinsi Maluku sebagai lembaga yang melakukan pengawasan.

Anggota Komisi III DPRD Maluku lainya, Anor Yeremias mengatakan, perbuatan yang dilakukan seorang oknum ABK seperti ini tidaklah terpuji karena telah membakar kapal yang notabene merupakan aset pemerintah daerah.

“Sudah kerja dan makan di situ, tetapi bisa melakukan hal yang tidak benar. Jadi diminta kepada manajemen PD Panca Karya kedepannya dalam merekrut calon karyawan harus lebih selektif,” tandasnya.

“Jangan cuma asal nama rekrut tetapi tindakannya sangat merugikan daerah seperti itu,” tegasnya lagi.

Pewarta : Daniel Leonard/Antara
Editor : Alex Sariwating