Kapal Motor Angkut Rombongan Calon Jamaah Haji Tenggelam di Perairan  Pulau Buru,...

Kapal Motor Angkut Rombongan Calon Jamaah Haji Tenggelam di Perairan  Pulau Buru, Satu Meninggal

SHARE
Tim Sar dan warga mengevakuasi korban tewas akibat tenggelamnya kapal motor Pela Permai II di Perairan Tanjung Kayu Putih Kecamatan Batabual Kabupaten Buru ke Pelabuhan Namlea, Selasa (10/7/2018). FOTO : ISTIMEWA

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Kapal motor jenis long boat, PELA PERMAI II yang mengangkut rombongan calon jamaah haji tenggelam di perairan Tanjung Kayu Putih, antara Desa Pela dan Desa Batujungku Kecamatan Batabual Kabupaten Buru,Selasa (10/7/2018) sekitar pukul 09.00 WIT. Akibat peristiwa ini, seorang penumpang, pengantar calon jamaah haji meninggal dunia.

Kapolres Pulau Buru AKBP Aditya B Satrio saat dihubungi Terasmaluku.com menjelaskan, long boat berbahan fiber yang dikemudikan Ajis Bessy dengan mesin tempel itu berangkat dari Dusun Namsugi Desa Ilat Kecamatan Batabual sekitar pukul 07.00 WIT.

Kapal motor tersebut membawa penumpang berjumlah 47 orang serta anak buah kapal tiga orang. Para penumpang adalah rombongan pengantar Abdurrahman, berusia 69 Tahun, menuju Kota Namlea, Ibukota Kabupaten Buru untuk keberangkatan jamaah calon haji kloter pertama.

“Jumlah keseluruhan yang menumpangi bodi jomson (kapal motor) tersebut berjumlah 50 orang, dan sekitar pukul 09.00 WIT kapal motor tersebut mengalami kecelakaan laut di perairan Tanjung Kayu Putih dan menyebabkan kapal tersebut terbalik,” kata Kapolres.

Kecelakaan terjadi setelah kapal motor tersebut menabrak kayu besar sehingga merusak tiga mesin kapal.Kapal terhempas gelombang. Sebagian penumpang yang kebanyakan lanjut usia panik dan melompak ke laut.

Menurut Kapolres, 46 penumpang bersama tiga ABK sudah ditemukan dan dalam keadaan selamat setelah dievakuasi tim Sar, Satuan Polisi Air, aparat Polres Pulau Buru dan Polsek Batabual serta dibantu oleh masyakat setempat.

Sedangkan satu penumpang atas nama Lamaitindo berusia 72 tahun meninggal dunia. “Korban meninggal dunia adalah pengantar jamaah haji, jamaah haji atas nama Abdurrahman selamat,” kata Kapolres.

Kapolres juga menegaskan, long boat tersebut tidak tenggelam dan kini sudah ditarik ke pantai. Sementara itu para korban selamat dan korban meninggal langsung dievakuasi ke Pelabuhan Namlea dengan menggunakan Kapal Motor Cantika.(ADI)

loading...