Kapal Pengangkut BBM Tujuan Banda Neira Ditemukan Selamat

by
Dok. Tim SAR mencari kapal

TERASMALUKU.COM,AMBON-Kapal Layar Motor (KLM) Sarana Perkasa, yang dilaporkan hilang sejak Rabu (19/7) akhirnya ditemukan tim  pencari dari Banda  di kawasan Perairan Nusa Laut, wilayah  Maluku Tengah (Malteng)  pada Jumat (21/7) malam. Seluruh penumpang termasuk tiga anggota Koramil Banda dan anak buah kapal dalam keadaan selamat.

“Tim II yang melakukan pencarian sudah menemukan kapal Sarana Perkasa di perairan Nusa Laut. Kapal dan seluruh penumpang termasuk tiga anggota Koramil dalam keadaan selamat,” kata Komadan Kodim (Dandim) 1502/Masohi Letkol Inf. Fikri Dalimunthe  kepada Terasmaluku.com, Sabtu (22/7) siang.

Loading…

Dandim  menyatakan, informasi temuan kapal dan kondisi para penumpang diperoleh dari anggota Koramil Banda Labarombu, yang menyampaikan melalui pesan pendek kepada istrinya. Setelah ditemukan tim II, kapal tersebut ditarik ke Nusa Laut dan kemudian ditarik ke Banda. Belum diketahui pasti penyebab kapal tersebut hilang.

Tim pencari yang menemukan kapal ini terdiri dari anggota Koramil, Wakapolsek Banda, anggota Sahbandar atau KSOP dan nelayan Banda. Dalam pencarian itu, tim II ini menggunakan kapal dari Banda.  “Informasi dari petugas Dinas Perhubungan Banda, atas nama Iki, saat ini kapal  sudah melewati Pulau Manukang,  kira-kira dua atau tiga jam lagi, kapal tiba di Banda.  Mohon doanya sampai di Banda semua selamat,” kata Dandim.

Seperti diberitakan  sebelumnya, KLM  Sarana Perkasa yang mengangkut BBM berangkat dari Pelabuhan Ina Marina Kota Masohi, Ibukota Malteng sejak Rabu (19/7) petang dengan tujuan Pelabuhan Banda Neira. Kapal berpenumpang sekitar delapan orang termasuk tiga anggota Koramil Banda. Kapal yang dinahkodai La Usman itu  seharusnya tiba di Pelabuhan Banda Neira pada Kamis (20/7) pukul 09.00 WIT. Namun hingga Jumat (21/7) pagi, kapal belum juga ditemukan.

Tim Sar dari Banda kemudian melakukan pencarian. Pencarian  dibagi  dua tim. Tim I  terdiri dari  SAR, Sahbandar atau KSOP Banda, anggota Koramil dan Polsek Banda Naira melakukan pencarian menggunakan motor laut milik warga ke arah Tehoru dan Werinama Pulau Seram.  Sedangkan  tim II  melakukan pencarian ke arah  Pulau Saparua, Tanjung Alang dan Pulau Nusa Laut. Pencarian juga melibatkan Basarnas Ambon dan Bakamla dari Ambon. Kapal tersebut  akhirnya ditemukan tim II di Perairan Nusa Laut. (ADI)