Kapal Tangker Pengangkut BBM Terdampar di Pantai Laha Ambon

by
Kapal Tangker MT. Celine-02 asal Semarang di Pantai Laha

AMBON-Kapal Tangker Pengangkut  Bahan Bakar Minyak (BBM) MT. Celine-02 asal Semarang, Sabtu (2/7)  pagi   terdampar di Pantai Desa Laha Kecamatan Teluk Ambon Kota Ambon, setelah dihantam angin kencang dan cuaca buruk.

Untuk saja, saat peristiwa ini terjadi, kapal dengan awak 21 orang ini tidak mengakut BBM, melainkan tengah  melakukan tes mesin di Teluk Ambon.  Kapal  tangker ini terdampar tak sampai 10 meter dari bibir pantai  Desa Laha.

Menurut Mualim I Kapal ini  Heriyono,  sebelum terdampar di pantai, pihaknya tengah mencoba mesin kapal   di Teluk Ambon.   Namun akibat angin kencang dan cuaca buruk  yang datang tiba – tiba  membuat kapal terbawa arus. Mesin kapal yang tengah dicoba langsung mengalami gangguan, kapal sulit dikendalikan sehingga  terdampar ke bibir  pantai.

“Kita sementara melakukan tes mesin, namun terjadi angin  kencang dan membuat kapal oleng. Saat itu mesin kapal  mengalami gangguan, dan  kami tidak bisa kendalikan kapal sehingga terbawa arus hingga ke Pantai Desa Laha,” kata Heriyono.

Ia juga menyatakan, kapal tidak sedang mengangkut BBM. Kapal dengan panjang 74 meter dan  bobot 1.314 GT ini merupakan kapal pengangkut BBM dari Pangkalan  Pertamina Wayame Ambon untuk disuplai ke  wilayah Maluku, Maluku Utara dan Papua.

loading...

Awak kapal berusaha mengendalikan kapal  agar tidak kandas.  Namun  hal ini sulit dilakukan karena pantai sangat landai dan kapal terjebak di pasir pantai sehingga sulit untuk keluar dari kawasan pantai ini apalagi saat kejadian  air sementara  surut.

Sejumlah aparat Polsek Teluk Ambon  mendatangi lokasi  dan   meminta keterangan  dari awak kapal ini. Polisi juga ingin   memastikan tidak adanya BBM  di atas kapal tangker itu. “Kami tidak sedang mengangkut BBM, kapal dalam keadaan kosong. Ini murni akibat cuaca dan angin kencang,” kata Heriyono.

Sebuah kapal takbot dikerahkan untuk menarik kapal keluar dari jebakan pasir pantai namun belum juga berhasil dilakukan.  Peristiwa ini   menjadi tontotan menarik  warga sekitarnya. ADI

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *