Kapan Vaksinasi Covid di 10 Kabupaten/Kota Dimulai? Ini Penjelasan Satgas Covid Maluku

by
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku, dr. Adonia Rerung. Foto : Terasmaluku.com

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Distribusi Vaksin Covid-19 Sinovac untuk 10 kabupaten/kota di Maluku telah dimulai sejak Senin 25 Januari hari ini hingga Selasa 26 Januari 2021 esok pasca sebelumnya sempat ditunda akibat menunggu kedatangan vaksin tambahan dari Kementerian Kesehatan RI.

BACA JUGA : Hari Ini Vaksin Covid Didistribusiakan, Ini Rincian Kuota Perkabupaten/kota di Maluku

BACA JUGA : Maluku Mulai Distribusi Vaksin ke Kabupaten

Senin siang, jatah vaksin untuk Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), Maluku Tengah dan Seram Bagian Timur (SBT) telah didistribusikan dari Instalasi Farmasi Dinas Kesehatan Provinsi Maluku yang terletak di kawasan Karang Panjang, Kota Ambon.

Sedangkan untuk Kabupaten Buru dan Buru Selatan, direncanakan akan didistribusi Senin malam ini disusul kabupaten/kota lainnya pada Selasa esok dengan menggunakan transportasi udara.

BACA JUGA : Dua Unit Cold Chain Disiapkan Dinkes Buru Untuk Penyimpanan Vaksin Covid

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku, dr. Adonia Rerung mengatakan setelah vaksin terdistribusi ke kabupaten/kota, maka Vaksinasi Covid-19 sudah bisa dilakukan di kabupaten/kota se-Maluku.

Namun kapan tepatnya Vaksinasi Covid-19 akan dimulai oleh 10 kabupaten/kota se-Maluku minus Kota Ambon yang telah lebih dulu melakukan vaksinasi, kata Rerung itu tergantung kebijakan masing-masing kabupaten/kota.

Yang pasti kata dia menambahkan paling lambat awal Februari sudah harus terlaksana. “Masing-masing kabupaten/kota punya kebijakan. Dan sudah disampaikan bahwa paling lambat awal Februari sudah terlaksana,”jelsnya menjawab terasmaluku,com, Senin (25/1/2021).

Olehnya itu lanjut dia, jika kabupaten/kota sudah menerima vaksin, maka dalam pekan ini juga sudah bisa melakukan vaksinasi. “Jadi dalam pekan ini sudah bisa bila daerah sudah dapat vaksin dan sudah siap,”tandasnya. (Ruzady)