Kapolda Maluku Bersama Jajarannya Gelar Shalat Ghaib Untuk Korban Bom Bunuh Diri

by
Jajaran Polda Maluku menggelar Shalat Ghaib, Jumat (26/5) kepada tiga anggota Polri yang gugur akibat bom bunuh diri di Kampung Melayu Jakarta. FOTO : HUMAS POLDA MALUKU

TERASMALUKU.COM,AMBON– Jajaran Kepolisian Daerah (Polda) Maluku menggelar Shalat Ghaib berjamaah kepada tiga  personil Polri yang gugur akibat bom bunuh diri di Kampung Melayu Jakarta. Shalat Ghaib yang  berlangsung di Masjid At Taqwa Polda Maluku  kawasan Tantui Ambon ini  digelar usai Shalat Jumat (26/5).

Bertindak sebagai imam dalam shalat ini adalah imam Masjid At Taqwa Muhammad Rumakat, pensiunan Polri. Kapolda Maluku Irjen Polisi Deden Juhara bersama para  pejabat utama, perwira, bintara, tamtama dan PNS  Polda Maluku yang  beragama muslim  melaksanakan Shalat Ghaib itu.

Selain diikuti personil Polda, Shalat Ghaib ini juga diikuti seluruh jamaah Masjid At Taqwa. Para jamaah khusyuk melaksanakan Shalat Ghaib ini.  Shalat Ghaib adalah shalat pengganti shalat jenazah, yaitu  shalat yang dilakukan kepada seorang muslim yang meninggal, namun karena kita berada di tempat jauh sehingga kita bisa mengerjakan shalat jenazah.

Seperti diketahui bom bunuh diri yang terjadi di Terminal Kampung Melayu Jakarta pada Rabu (24/5) malam itu menyebabkan tiga anggota Polri gugur. Kapolda Maluku Irjen Pol Deden Juhara menyatakan, Shalat Ghaib ini untuk mengenang dan mendoakan arwah tiga anggota Bhayangkara yang gugur dalam aksi peledakan bom  bunuh diri itu.

Kapolda  melalui Kabid Humas Polda Maluku AKBP Abner Richard Tatuh  menyatakan, menyusul peristiwa peledakan bom yang menyebabkan anggota Polri meninggal, Kapolda memerintahkan seluruh jajarannya untuk  mengambil langkah  antisipasi dan mencegah agar peristiwa tersebut tidak terjadi di wilayah Polda Maluku.

“Atas peristiwa bom bunuh diri ini, Bapak Kapolda  memerintahkan  kepada seluruh jajaran agar tingkatkan  kewaspadaan, selalu memperhatikan keamanan serta menjalankan tugas yang baik melayani masyarakat seperti biasa,” kata Tatuh. Selain di Polda Maluku, Shalat Ghaib bagi tiga anggota Polri juga digelar di Polres Pulau Buru.  (ADI)