Kapolda : Maluku Jadi Contoh Baiknya Sinergitas TNI Polri di Indonesia

by
Kapolda Maluku, Irjen Pol Baharudin Djafar bersama Komandan Gugus Tempur Laut (Guspurla) Komando Armada (Koarmada) III TNI AL, Laksamana Pertama TNI R. Aviantara (Han) di Markas Gespurla, Selasa (3/3/2020). FOTO : HUMAS POLDA MALUKU

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Kapolda Maluku, Irjen Pol. Baharudin Djafar menegaskan, sinergitas dan soliditas TNI/Polri, khususnya di Maluku menjadi harga mati yang tidak bisa ditawar. Hal itu merupakan perintah dari Presiden Joko Widodo, maupun Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, dan Kapolri Jenderal Idham Azis. Menurutnya, TNI/Polri merupakan garda terdepan dalam menjaga, dan mempertahankan kedaulatan maupun keutuhan NKRI serta pelindung bagi seluruh rakyat Indonesia.

“Kalau bukan TNI dan Polri siapa lagi. Makanya sinergitas dan soliditas itu harga mati. TNI/Polri merupakan garda terdepan dalam menjaga maupun melindungi seluruh tumpah darah Indonesia. Dan itu (sinergitas dan soliditas) harus kita mulai dari Maluku,” kata Kapolda saat menyambangi Markas Komando Gugus Tempur Laut (Guspurla) Komando Armada (Koarmada)  III TNI Angkatan Laut, di kawasan Desa Tawiri, Ambon, Selasa (3/3/2020).

Kapolda menambahkan, sinergitas dan soliditas TNI Polri di Maluku, telah mendapatkan pengakuan dari Panglima TNI maupun Kapolri. Bahkan kedua pimpinan TNI Polri itu minta seluruh jajaran untuk jadikan Maluku sebagai contoh yang baik. “Kita harus pertahankan dan tunjukan bahwa TNI/Polri, di Maluku adalah satu rahim yang tidak bisa dipisahkan,” tutur orang nomor satu di Polda Maluku.

Loading...

Apalagi lanjut mantan Kapolda Sulawesi Barat itu, dirinya juga dilahirkan dan dibesarkan dari lingkungan TNI. “Saya dibesarkan di lingkungan TNI, minum susu sinta (susu khusus keluarga TNI), yang dibagikan Menpangab zaman itu, jadi saya juga tidak maupun TNI Polri itu tidak bersinergi. Yang sudah ada harus dipertahankan dan ditingkatkan lagi,”tegas jenderal polisi bintang dua bintang ini.

Ditempat yang sama Komandan Gugus Tempur Laut (Guspurla) Komando Armada (Koarmada) III TNI AL, Laksamana Pertama TNI R. Aviantara (Han) memberikan, apresiasi kepada Kapolda Maluku.

“Kita tetap dan selalu bersama dengan jajaran kepolisian di Maluku. Kita juga harus tunjukan kepada seluruh rakyat Indonesia, khususnya Maluku bahwa TNI/Polri adalah saudara kandung, yang tidak akan dipisahkan dalam situasi dan kondisi apapun. Terima kasih pak Kapolda atas kunjungannya ke Markas kami,” tegas jenderal TNI bintang satu ini.

Sekedartahu, sebelum mengunjungi Mako Guspurla Komando Armada (Koarmada) III TNI AL, di Desa Tawiri, Kapolda Irjen Pol. Baharudin Djafar  yang didampingi sejumlah pejabat utama Polda itu, lebih dulu mengunjungi Mako Danlantamal IX/Ambon.

Kunjungan Kapolda itu, dalam rangka silaturahmi dan memperkuat serta mempertahankan sinergitas TNI/Polri di Maluku, pasca dirinya dilantik oleh Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis, sebagai Kapolda Maluku, menggantikan Irjen Pol Royke Lumowa. (ALFIAN SANUSI).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *