Kapolda Maluku Utara Luncurkan Layanan Antar Jemput Vaksinasi COVID-19

by
Kapolda Irjen Pol Risyapudin Nursin, meluncurkan layanan antar jemput vaksinasi COVID-19 secara gratis untuk masyarakat Malut yang terkendala dengan transportasi untuk melaksanakan vaksinasi, Rabu (18/8/2021). (Abdul Fatah)

TERASMALUKU.COM,-TERNATE-Kapolda Maluku Utara (Malut), Irjen Pol Risyapudin Nursin, meluncurkan layanan antar jemput vaksinasi COVID-19 secara gratis untuk masyarakat di daerah ini yang terkendala transportasi untuk menjalani vaksinasi.

“Peluncuran layan ini merupakan strategi Polda Malut dan jajaran untuk menjemput masyarakat yang ingin melaksanakan vaksinasi di fasilitas kesehatan sudah ditunjuk pemerintah,” kata Kapolda, di Ternate, Rabu (18/8/2021).

Peluncuran layanan antar jemput bertempat di lapangan apel Polda Malut, di mana berjejer puluhan kendaraan yang meliputi bus, mobil double cabin yang siap untuk melaksanakan layanan tersebut kepada masyarakat.

Menurut dia, seperti halnya santri Pondok Pesantren, anak-anak Panti Asuhan dan Komunitas serta masyarakat lainnya yang membutuhkan kendaraan atau mengalami kesulitan transportasi kita akan bantu dengan layanan ini.

Kapolda menyatakan, seluruh kendaraan fungsi baik Biro Logistik, Dit Samapta, Lalu Lintas dan Brimob serta Polres jajaran akan dikerahkan untuk melayani masyarakat yang ingin mengikuti vaksinasi COVID – 19  bersama keluarga maupun rekan-rekannya dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

“Kendaraan akan memuat penumpang sebesar 50 persen dari kapasitas yang sudah dilengkapi dengan hand sanitizer didalamnya dan penyemprotan disinfektan secara berkala, serta masyarakat akan kita antar kembali ketempat asal,” ujarnya.

Dengan adanya layanan ini, diharapkan dapat mendorong percepatan vaksinasi COVID-19 di Provinsi Malut, sehingga bisa mewujudkan kekebalan kelompok di masa pandemi COVID-19.

Demikian pula untuk pelayanan bagi masyarakat pulau terluar, sehingga Polda Malut akan kerahkan Kapolsek dan Bhabinkamtibmas untuk inventarisir dan mobilisasi sehingga dapat disiapkan perahu atau kapal untuk transportasi dalam melakukan vaksinasi di fasilitas kesehatan terdekat.

Selain layanan ini, Polda Malut juga mendorong percepatan vaksinasi COVID-19 dengan melakukan koordinasi dan melakukan penggalangan kepada tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh agama dan tokoh adat serta pemangku kepentingan lainnya untuk bersama-sama mengambil peran dalam mengajak masyarakat guna menyukseskan percepatan vaksinasi Covid-19 di Malut.

“Bagaimana kita memberikan sosialisasi, edukasi dan menghadirkan suatu solusi dengan menghadirkan layanan antar jemput vaksinasi yang dapat melayani masyarakat secara gratis,” tandasnya.

Pewarta : Abdul Fatah/Antara
Editor : Alex Sariwating