Kapolda Pimpin Aksi Bersih Pantai Teluk Ambon

Kapolda Pimpin Aksi Bersih Pantai Teluk Ambon

SHARE
Kapolda Maluku Irjen Pol Andap Budhi Revianto berenang untuk memungut sampah di Perairan Pantai Tahapary Tantui Teluk Ambon, Jumat (13/7/2018). FOTO : HUMAS POLDA MALUKU

TERASMALUKU.COM,-AMBON- Ratusan aparat Kepolisian Daerah (Polda) menggelar bakti sosial membersihkan sepanjang garis Pantai Tahapary, Tantui kawasan Teluk Ambon, Jumat (13/7/2018) pagi. Aksi bersih pantai ini dipimpin langsung Kapolda Maluku Irjen Pol Andap Budhi Revianto, didampingi Wakapolda Maluku Brigjen Pol Akhmad Wiyagus, dan pejabat utama Polda lainnya serta anggota Polda Maluku lainnya.

Wakapolda Maluku bersama PJU dengan perahu karet menyisir sampah

Kegiatan ini merupakan rangkaian peringatan Hari Bhayangkara ke 72, sekaligus wujud kepedulian Polda Maluku terhadap kebersihan lingkungan. Dalam aksi ini, Kapolda yang  hanya menggunakan sandal jepit ini memungut setiap sampah di sepanjang pantai itu.

Tak hanya itu, mantan Kapolda Sulawesi Tenggara ini juga turun ke laut mengangut sampah. Bahkan ia rela menyelam untuk memungut sampah di laut dengan kedalaman lebih dari 1 meter itu. Sementara Wakapolda Maluku bersama PJU lainnya juga menggunakan perahu karet menyisir sampah di sekitar perairan Pantai Tahapary.

Kapolda dan Wakapolda membaur bersama anggota Polda Maluku seakan tak ada sekat perbedaan pangkat dan jabatan. Selain pada garis pantai, pembersihan juga dilakukan terhadap sungai kecil, selokan pembuangan air yang mengalir ke laut melalui pantai Tantui. Sampah-sampah hasil bakti sosial kemudian dimasukan ke dalam kantong dan dibawa ke tempat pembuangan akhir sampah.

Kabid Humas Polda Maluku KBP Mohamad Rum Ohoirat mengatakan bakti sosial ini dilakukan selain untuk kebersihan lingkungan  juga untuk memperlancar jalannya air.Mengingat cuaca di Ambon saat ini mengalami anomali musim, dimana terdapat curah hujan yang tinggi dan berpotensi banjir.

Anggota Polda Maluku Bersih sampah di Pantai Tahapary Tantui

“Kegiatan ini sebagai wujud kepedulian Polda terhadap pantai Maluku yang terkenal indahnya, sayang apabila kotor tidak terjaga dan sekaligus mengajak masyarakat untuk turut serta menjaga kebersihan pantai dan laut,” kata Ohoirat. (ADI)