Kapolda Pimpin Apel Gelar Pasukan Pengamanan Pesparani Nasional

by
Kapolda Maluku melakukan pemeriksaan pasukan saat apel gelar pasukan pengamanan Pesparani di Lapangan SPN Polda Maluku, Passo Ambon, Rabu (24/10/2018). FOTO : HUMAS POLDA MALUKU

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Tiga hari menjelang pembukaan Pesta Paduan Suara Gerejani (Pesparani) Katolik Nasional I di Kota Ambon, Kepolisian Daerah (Polda) Maluku menggelar apel pasukan pengamanan di Lapangan SPN Polda Maluku, Passo Kota Ambon, Rabu (24/10/2018). Bertindak sebagai inspektur upacara adalah Kapolda Maluku Irjen Pol Royke Lumowa, dengan peserta upacara ratusan aparat TNI/Polri dan Satuan Polisi Pamong Praja.

Kapolda Maluku pimpin apel gelar pasukan pengamanan Pesparani tingkat nasional di Ambon

Kapolda dalam sambutannya mengatakan, Pesparani merupakan aktivitas seni budaya dan kegiatan kerohanian umat Katolik secara nasional pertama di Indonesia. Pesparani tingkat nasional I di Kota Ambon ini akan menjadi keramaian umum bernuansa agama di tempat yang menjadi pelaksanaan kegiatan seperti lomba paduan suara, seminar, munas dan pameran. Situasi ini tentunya akan menjadi perhatian masyarakat banyak. Karena itulah, Polda Maluku menggelar operasi Lonceng Siwalima 2018.

“Untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya potensi gangguan keamanan di Kota Ambon menjelang pelaksanaan kegiatan, maka Polda Maluku bersama seluruh perkuatannya akan menyelenggarakan operasi kepolisian dengan sandi Lonceng Siwalima 2018 yang akan dilaksanakan selama 11 hari terhitung mulai tanggal 24 oktober hingga 3 November mendatang,” kata Kapolda.

loading...

Operasi ini melibatkan 1.312 personel gabungan dari  Polri yang didukung TNI, Satpol PP dan  masyarakat umum lainnya. “Operasi Lonceng Siwalima ini bersifat terbuka dalam bentuk operasi Harkamtibmas dengan tujuan memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat sehingga pelaksanaan Pesparani di Kota Ambon dapat berlangsung dengan aman, damai dan lancar,” kata Kapolda.

Hadir dalam apel gelar pasukan ini adalah Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Suko Pranoto, Wakapolda Maluku Brigjen Pol Akhmad Wiyagus, para pejabat utama Polda Maluku, pejabat Pemprov Maluku,  tokoh agama,  panitia Pesparani dan unsur terkait lainnya. Pesarani dijadwalkan akan dibuka Presiden Joko Widodo pada Sabtu (27/10/2018) di Lapangan Merdeka Ambon. (ADV)

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *