Karnaval Budaya Tandai Festival Pesona Meti Kei 2018

by
Kadis Pariwisata Malra (tengah) memberikan keterangan pers terkait pembukaan PFMK III, Rabu (24/10/2018). FOTO : AS

TERASMALUKU.COM,-MALRA-Penyelenggaran Iven Festival Pesona Meti Kei (FPMK) III, Kamis (25/10/2018) mulai digelar Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara (Malra) ditandai dengan pelaksanaan Karnaval Budaya yang diikuti 100 peserta lebih.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Malra, Roy Rahajaan dalam keterangan pers di Kantornya, Rabu (24/10/2018) mengatakan Karnaval digelar sejak Kamis pagi hingga malam. “PFMK III ditandai dengan Karnaval yang dibagi atas dua yakni karnaval dimulai pagi hari hingga siang pesertanya dari masing-masing Ohoi (desa) di Kabupaten Malra yang menampilkan budaya”, jelas Roy.

Sementara siang sampai malam karnaval diisi oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD), BUMN, BUMD, dan instansi lainnya di Malra. Mereka akan menampilkan apa yang menjadi tampilan kerja setiap instansi. Pembukaan FPMK III yang ditandai dengan Karnaval ini sendiri rencananya akan dibuka langsung Bupati Malra Anderias Rentanubun.

Roy mengungkapkan, sesuai komposisi undangan yang diedarkan panitia dan yang telah mengkonfirmasi akan hadir pembukaan PFMK III diantaranya, Kemenko Kemaritiman RI, Kementrian Pariwisata dalam hal ini Deputi Destinasi, Irjen Kemendagri dan Komandan Lantamal Ambon.

Roy menjelaskan setelah pembukaan dengan kegiatan karnaval, keesokan harinya Jumat 26 Oktober, digelar lomba goyang meti kei (babak penyisihan), kemudian tanggal 27 lomba tari sawat dan tari panah (babak penyisihan), dan tanggal 28 akan dilangsungkan final kedua lomba tersebut yang dipusatkan di Objek Wisata Pasir Panjang (ngurbloat).

Loading...

Tanggl 28 juga akan diadakan tour keliling objek wisata bagi tamu undangan dan panitia sudah menyediakan kendaraan laut.”Tour keliling objek wisata kita bagi atas dua bagian, satu ke objek wisata di Kei Besar yakni Ohoi Ad dan Harangur, kemudian satu trip lagi untuk mengelilingi objek wisata di Kei Kecil,” kata Roy.

Untuk puncaknnya, tanggal 29 nanti akan kita laksanakan Wer Warat (tarik tali) di Ohoi Revav, bersamaan di hari yang sama tamu maupun undangan, wisatawan serta masyarakat Kei menikmati pesta rakyat di Ngurbloat dari pagi hingga malam hari.

Tarian massal juga akan dilaksanakan oleh panitia FPMK III namun tak sebanyak FPMK II yang melibatkan 12 ribu orang, namun kali ini tarian massal hanya diperagakan seribu peserta di Ngurbloat.

Berbeda dengan FPMK terdahulu di mana FPMK II yang lalu mengadakan Lomba Dayung Belan, untuk FPMK III tidak dilaksanakan dengan pertimbangan pelaksanaan lomba dayung belan akan dilaksanakan tiga tahun sekali, sehingga kerinduan masyarakat akan lomba ini tetap ada.

Ditambahkan, untuk jumlah kunjungan wisatawan ke Malra saat ini sudah sangat signifikan peningkatannya dimana sejak 10 Oktober hingga kini wisatawan mancanegara maupun dalam negri terus berdatangan di Malra. “Untuk hotel maupun penginapan kini mulai terisi penuh oleh wisatawan yang ingin mengikuti agenda Nasional FPMK III tahun 2018 dan itu dapat dikroscek langsung,” katanya.

Harapan Roy, dengan terselenggaranya Iven FPMK III ini kiranya seluruh masyarakat Malra dapat mendukung iven ini, sehingga kedepan daerah itu dapat menjadi Destinasi Unggulan Wisata Indonesia.(AS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *