Karyawan BUMN Bersama Warga Bersihkan Sungai Arbes Ambon

by
Ratusan warga dan karyawan BUMN membersihkan membersihkan sungai Air Besar (Arbes) di sekitaran Kampus IAIN Ambon, Sabtu (7/4).

TERASMALUKU.COM,-AMBON- Ratusan warga di kawasan Kampus Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon menggelar  bhakti sosial dengan membersihkan sungai Air Besar (Arbes)  di sekitaran IAIN Ambon, Sabtu (7/4). Pembersihan sungai ini untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) PT. Pegadaian dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ke 20 tahun.

Direktur Keuangan dan TI PT. Pegadaian, Teguh Wahyono kepada wartawan mengatakan, kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian BUMN dalam membantu memberikan solusi kepada masyarakat serta kepedulian terhadap lingkungan khusunya pemeliharaan sungai. “Kegiatan ini tidak hanya dilakukan di sepanjang sungai Arbes saja, tetapi juga dilakukan serentak selama dua hari diberbagai daerah di Indonesia,” katanya.

Teguh menyebutkan, kegiatan bakti sosial dengan membersihakan sungai ini melibatkan sebanyak 500 orang dari kalangan mahasiswa dan masyarakat sekitarnya. Warga dan petugas Pegadaian dan BUMN di Ambon membersihkan bantaran sungai sejauh lima kilometer.

Aksi bersih sungai juga untuk memberikan kesadaran kepada masyarakat untuk menjaga kebersihan, tidak membuang sampah di sungai. Dalam aksi ini, Pegadaian dan tiga BUMN juga menyerakan satu unit motor pengangkut sampah dan 30 tong sampah.

“Kami juga memberikan sumbangan alat kebersihan. Sehingga diharapkan warga bisa dimanfaatkanlah bantuan tersebut untuk menjaga kebersihan sungai,” kata Teguh. Selain melakukan aksi bersih sungai, PT Pegadaian dan tiga BUMN lainnya yakni, PT Yodya Karya, PT Bhanda Graha Reksa dan PT Pelni juga melakukan aksi beautifikasi kampung dengan mengecat jembatan dan marka jalan.(IAN)