Kasrul Selang Dilantik Jadi Sekda Maluku, Ini Pesan Gubernur Maluku

by
Gubernur Maluku Murad Ismail melantik dan mengambil sumpah Sekda Maluku Kasrul Selang di Hotel Santika Ambon, Senin (3/2/2020). FOTO : ALFIAN SANUSI

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Gubernur Maluku Murad Ismail melantik Kasrul Selang sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Maluku yang berlangsung di Hotel Santika Ambon, Senin (3/2/2020). Dalam pelantikan tersebut Gubernur meminta kepada Sekda yang baru dilantik untuk memastikan kebijakan program pemerintah harus berpihak pada rakyat.

“Saya minta kepada Sekda pastikan kebijakan program benar-benar berpihak pada rakyat yang dapat menuntaskan kemiskinan, pengangguran dan pelayanan kesehatan di Maluku,” kata Muda dalam sambutannya.

BACA JUGA : Sekda Maluku : Penataan Birokrasi Jadi Program Prioritas Pemerintah 

Murad juga mengatakan, jabatan Sekda adalah jabatan tertinggi dan merupakan wakil dari pemerintah pusat. “Sehingga pengisian jabatan Sekda Maluku ini harus sesuai dengan standar kompetensi perundang-undangan yang berlaku,” kata Murad.

Selain itu, lanjut Murad, seorang Sekda harus memiliki kecerdasan intelektual, emosional dan spritual, sebab tugas yang diemban oleh seorang Sekda sangat berat sekali. “Selain harus memiliki kecerdasan intelektual, harus juga ditunjang dengan kecerdasan emosional dan spritual karena ini tugas yang berat bagi seorang Sekda,” katanya.

Gubernur Murad juga mengaku, untuk mendapatkan figur Sekda Maluku yang baru ini, Pemerintah Provinsi Maluku telah melakukan seleksi sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. “Kita sudah seleksi figur Sekda sesuai aturan yang berlaku sampai ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi),” katanya.

Murad juga menginstruksikan kepada Sekda Maluku agar dapat menghilangkan ego sektoral di lingkup Pemrov Maluku demi memajukan kesejahteraan masyarakat Maluku dan meningkatkan tata kelola keuangan daerah yang baik. “Saya minta yang melakukan penataan birokrasi, agar dapat bekerja secara profesional dan melayani dengan hati,” kata Murad.

Kasrul sebelumnya menjabat sebagai Plt Sekda Maluku selama beberapa bulan sebelum akhirnya dilantik menjadi Sekda definitif. Pelantikan dan pengambilan sumpah Kasrul sebagai Sekda Maluku dihadiri Wakil Gubernur Maluku, Barnabas Orno, Forkopimda dan pejabat lingkup Pemprov Maluku. (ALFIAN SANUSI)