Kasus Covid Meningkat, IDI Maluku : Kesadaran Masyarakat Terhadap Penerapan Prokes Sangat Penting

by
Wakil Ketua IDI Wilayah Maluku, dr. M. Saleh Tualeka, SpM.,M.Kes

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Tenaga kesehatan di berbagai fasilitas kesehatan sudah bekerja maksimal. Namun kasus covid-19 masih terus alami peningkatan.

Terkait hal ini, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Maluku menilai kesadaran masyarakat dalam hal penerapan protokol kesehatan yakni memakai masker, menjaga jarak mencuci tangan perlu ditingkatkan lagi.

Loading…

“Kalau kita lihat penanganan medis sebenarnya sudah dilakukan maksimal cuma faktanya angka kasus covid masih meningkat, berarti kembali lagi ke kesadaran masyarakat itu tetap harus patuh,”ujar Wakil Ketua IDI Maluku, dr. Saleh Tualeka kepada Terasmaluku.com, Sabtu (26/12/2020) via seluler.

Bahkan pemerintah juga diingatkan untuk kembali menggencarkan 3M kepada masyarakat. “Tidak ada pilihan lain sebenarnya, sehingga anjuran-anjuran pemerintah harus kembali digalakkan. Jadi program 3M harus kembali digencarkan lagi sehingga masyarakat itu betul-betul sadar,”ingatnya.

Di lain sisi, saat ini liburan natal dan dalam beberapa hari kedepan juga akan diikuti dengan liburan Tahun Baru 2021, IDI Maluku menyarankan agar masyarakat lebih baik menunda waktu liburan mengingat kasus covid yang masih terus meningkat.

“Menyinggung tentang masa iburan, berbagai kalangan mulai dari pemerintah pusat hingga level daerah sudah menganjurkan untuk mengurungkan niat untuk berlibur. Karena kalau berlibur berarti itu akan kembali kita berada dalam kondisi kerumunan, baik itu ke tempat wisata maupun pusat-pusat perbelanjaan kan. Nah itu sebenarnya masyarakat harus mengurungkan niat itu untuk bisa bersabar untuk tahun ini,”sarannya.

Apalagi saat ini, juga dikejutkan dengan ditemukannya varian baru virus corona seperti di Inggris. Sehingga ini sangat perlu diwaspadai.

“Kita tidak bisa pastikan apakah varian baru ini bisa masuk ke wilayah kita atau tidak. Intinya sekarang bagaimana masyarakat digugah lagi kesadarannya, dalam aktivitas apapun tetap harus dengan protokol kesehatan 3M memakai masker, jaga jarak dan cuci tangan. Saya kira itu langkah-langkah praktis yang masyarakat harus lakukan. Saya kira itu yang utama,”tandasnya. (Sofyan Kastela)