Kasus Covid Meningkat, Kadis Kesehatan Aru : Harus Lebih Keras Informasikan Protokol Kesehatan Kepada Masyarakat

by

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Kasus Covid-19 di Kabupaten Kepulauan Aru alami peningkatan dalam beberapa hari terakhir.

Tercatat, dalam dua hari terakhir ini saja sesuai data Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku, di Aru terjadi peningkatan 18 kasus baru dan kini sebanyak 20 pasien covid masih dalam perawatan di lokasi karantina terpusat di Kota Dobo, Ibukota Kabupaten Kepulauan Aru.

Loading…

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Aru, Yunita O. Uniplaita menegaskan langkah terbaik yang perlu dilakukan saat ini dalam melakukan pencegahan sehingga kasus covid tidak bertambah lagi di Aru adalah lebih keras lagi memberikan himbauan kepada masyarakat tentang pentingnya protokol kesehatan.

“Harus lebih keras menginformasikan kepada masyarakat untuk masyarakat terapkan protokol kesehatan dan memang harus melaksanakan protokol kesehatan. Gunakan masker, cuci tangan, jaga jarak itu harus dilaksanakan. Tanpa menerapkan protokol kesehatan maka akan terjadi dampak yang negatif,”jelasnya menjawab terasmaluku.com, Jumat (18/12/2020) via seluler.

Selain itu, lanjut dia, Dinkes Aru juga telah melakukan pertemuan dengan Pemda dan Satgas Covid-19 Aru untuk menentukan langkah-langkah pencegahan. “Kami sudah melakukan pertemuan nanti pengambilan keputusan ada di Satgas dan Pemda.

Menyinggung faktor penyebab kasus covid-19 di Aru alami peningkatan ini, Uniplaita mengaku belum diketahui secara pasti. Apalagi dari 20 pasien covid ini sebagian ada yang merupakan pelaku perjalanan dan ada juga warga yang tidak melakukan perjalanan.

Namun kata dia menambahkan, tidak menutup kemungkinan virus ini terbawa oleh pelaku perjalanan yang berasal dari daerah yang sudah terpapar covid. “Tidak menutup kemungkinan (Pelaku perjalanan) dari daerah yang sudah ada covid. Walaupun mereka datang dengan rapid negatif,”tandasnya.

Yang pasti lanjut dia,  tracing terhadap oarang-orang yang punya kontak erat dengan pasien terpapar sudah dilakukan dan spesimen swabnya telah dikirim ke Ambon untuk diperiksa.

Dia pun menghimbau kepada seluruh masyarakat di Aru untuk selalu mengutamakan protokol kesehatan dan selalu berdoa kepada Tuhan Yang Kuasa agar perjuangan melawan Covid-19 ini bisa berjalan dengan baik. “Semuanya tetap kita himbau untuk protokol kesehatan, kita tetap berdoa kepada Tuhan supaya Tuhan mendampingi kita dalam melangkah dan juang kita,”pungkasnya. (Ruzady)