Kawal Pilkada Empat Kabupaten, Kapolda Maluku Instruksi Personil Tidak Miring Sebelah

by

TERASMALUKU.COM,AMBON,-Empat kabupaten di Provinsi Maluku bersiap ikut Pilkada serentak. Pengamana selama jalannya Pilkada pun diperketat termasuk perihal netralitas pihak kepolisian. Untuk itu Kapolda Maluku, Irjen Pol. Baharuddin Djafar memberi pernyataan tegas terkait netralitas anggota kepolisian di lapangan.

Hal itu disampaikannya secara eksklusif kepada Terasmaluku.com di ruang kerjanya Lantai II Mapolda Maluku,Kota  Ambon, Senin (9/3/2020). Hal utama dalam pengamanan jalannya Pilkada terkait kenetralan anggota. “Personil yang terlibat, akan saya berikan sanksi. Kalau ada di anatara personil yang tidak netral Insya allah saya pasti proses,” tegasnya saat diwawancarai.

Loading...

Pemilihan yang netral, kata dia, juga sejalan dengan instruksi Kapolri agar personil kepolisian tidak ikut terlibat dalam masalah. Menurutnya jika ada anggota yang terlibat dalam satu masalah, maka masalah itu tidak akan pernah selesai. Salah satunya persoalan netralitas. Pengamanan haruslah berjalan imbang tidak miring sebelah. Apalagi ada empat wilayah besar yang menyelenggarakan Pilkada. Yakni, Kabupaten Buru Selatan, Kabupaten Seram Bagian Timur, Kabupaten Kepulauan Aru dan Kabupaten Maluku Barat Daya.

Sinergitas dengan pemerintah juga pihak tekait amat dibutuhkan agar pilkada berjalan lancar. “Saya sudah koordinasikan dengan bawaslu dan didukung penuh oleh pihak kabupaten,” lanjutnya.

Keseriusannya akan hal ini juga telah disampaikan kepada kapolres di empat kabupaten dalam pertemuan tertutup siang tadi. Baharudin meminta agar sekecil apapun tindak pidana yang terjadi, mutlak harus diungkap oleh masing-masing polres. Sehingga tidak jadi beban saat tahapan penetuan suara. (PRISKA BIRAHY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *